kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

15 fakta Korut yang unik dan mencengangkan (2)


Kamis, 07 September 2017 / 13:33 WIB
15 fakta Korut yang unik dan mencengangkan (2)


Sumber: USA Today | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Meski telah berulang kali mendapatkan kecaman dan sanksi dari dunia internasional, namun hal itu tidak menghentikan Korea Utara (Korut) dalam melakukan ujicoba senjata nuklir mereka. Teranyar, pada Minggu (3/9) lalu, Korut kembali menguji nuklirnya yang keenam.

Berikut adalah 15 fakta yang mencengangkan mengenai Korut.

8. Program pengembangan nuklir Korut dilakukan pertama kali dengan batuan Uni Soviet pada tahun 1970-an. Ini merupakan bom jarak jauh Taepodong-dua rudal yang dikembangkan untuk mencapai daratan AS. Sedangkan rudal jarak menengah pernah ditembakkan melewati Jepang.

9. Berdasarkan data Departemen Dalam Negeri Korea Selatan (Korsel), perbatasan antara Korut dengan Korea Selatan (Korsel) merupakan perbatasan dengan jumlah militer terbanyak di dunia. Pyongyang memiliki sekitar 1,2 juta anggota personil. Sebagai perbandingan, Korsel hanya memiliki 680.000 pasukan militer di perbatasan, di mana 28.000 di antaranya adalah tentara AS yang berjaga. Hampir 6 juta warga Korut wajib menjadi anggota militer hingga berusia 60 tahun.

10. Pada 1978, sejumlah agen mata-mata Korut menculik sutradara film asal Korsel, Shin Sang Ok dan istrinya artis Choe Eun Hui. Mereka ditugaskan untuk menciptakan industri film di Korut. Pasangan ini berhasil melarikan diri ke Barat delapan tahun kemudian, setelah berhasil menciptakan puluhan film.

11. Abang tiri Kim Jong Un, yaitu Kim Jong Nam, dibunih di bandara Kuala Lumpur, Malaysia pada 13 Februari 2017. Menurut pihak berwenang Malaysia, dia dibunuh oleh dua orang wanita yang ditugaskan oleh agen mata-mata Korut. Pemerintah Malaysia menuding agen Korut atas kematian Kim Jong Nam.

12. Data yang dirilis Perserikatan Bangsa-Bangsa menunjukkan, sebanyak 2 juta orang tewas akibatĀ  kelaparan pad atahun 1990 akibat kebijakan pertanian pemerintah Korut yang nyeleneh dan banjir besar. Sedangkan Asia Press melaporkan, kembali terjadi kelaparan di provinsi Hwanghae bagian Utara dan Selatan yang memaksa sejumlah orang melakukan kanibalisme.

13. PDB tahunan per penduduk di tahun 2014 sebesar US$ 1.800. CIA World Factbook menuliskan, data ini termasuk yang terendah di dunia. Data yang sama menunjukkan, PDB per penduduk di Korsel pada 2016 adalah US$ 37.900.

14. Rezim Korut mendapatkan banyak pemasukan dari ekspor obat-obatan palsu, seperti Viagra, serta narkotika, seperti methamphetamine, rokok palsu, dan uang kertas US$ 100 palsu, ke Jepang dan sejumlah negara lain. Selain itu, Korut juga menjual senjata tangan dan bagian-bagian rudal ke kelompok teror dan negara-negara bergejolak.

15. Korut memiliki jaringan informan yang memonitor dan melaporkan ke pemerintah mengenai penduduk yang dicurigai melakukan tindakan kriminal dan pembangkangan. Akses ke jaringan radio atau TV swasta secara tidak resmi akan dihukum secara kejam.

(selesai)




TERBARU

[X]
×