kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ahli matematika dan komputer yang terjun di kesehatan (1)


Selasa, 20 Februari 2018 / 15:06 WIB
Ahli matematika dan komputer yang terjun di kesehatan (1)
ILUSTRASI. FENOMENA - Judith R Faulkner


Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID -  Sekecil apa pun peluang akan menjadi bernilai bila bisa dimanfaatkan secara tepat.  Judith R. Faulkner, seorang ahli matematika dan komputer berhasil membuat perangkat lunak di bidang kesehatan. Perangkat lunak tersebut kemudian ditetapkan menjadi standar layanan kesehatan di Amerika Serikat (AS) oleh pemerintah. Faulkner kini memanen kejeliannya tersebut. Berdasarkan catatan Forbes, Faulkner kini memiliki kekayaan tak kurang dari US$ 2,6 miliar.

Judith R. Faulkner berhasil memaksimalkan peluang yang kecil, menjadi bisnis besar. Perempuan asal Amerika Serikat (AS) itu kini menjadi perempuan paling berpengaruh di dunia medis.

Sejatinya latar belakang Faulkner bukan dari dunia medis. Dia merupakan ahli matematika dan seorang perempuan yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Alhasil, dia tergolong orang yang canggung berinteraksi dengan orang lain atau sering disebut "nerd".

Namun, kerja keras Faulkner telah mengantarkannya masuk daftar 10 perempuan terkaya di Amerika Serikat (AS) buah keringatnya sendiri, bukan warisan orangtua dan suami. Forbes mencatat kekayaan Faulkner senilai US$ 2,6 miliar. Perusahaan yang didirikannya, Epic System, yang kini sudah memiliki karyawan hingga 9.000 orang.

Di balik keberhasilannya saat ini, Faulkner memang tipikal pekerja keras yang pintar memanfaatkan peluang. Berbekal keahlian di bidang matematika dan komputer, Faulkner menciptakan perangkat lunak penyedia informasi kesehatan.

Faulkner lahir Agustus 1943. Gelar sarjana matematika diperolehnya dari Dickinson College. Faulkner lantas melanjutkan studi pascasarjana bidang komputer di Universitas Wisconsin, Madison.

Pada kedua bidang itu, Faulkner menemukan semangatnya. Tetapi, saat itu, Faulkner merasa belum bisa memaksimalkan kemampuannya. Hingga perkembangan Microsoft yang dibangun oleh Bill Gates, menuntaskan dahaga Faulkner di bidang ilmu komputer.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×