kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,56   -6,79   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akuisisi perusahaan TI, besarkan iklan digital (4)


Jumat, 02 Desember 2016 / 15:49 WIB
Akuisisi perusahaan TI, besarkan iklan digital (4)


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

Era digital menggerakkan Jason Jiang membesarkan platform digital mobile. Ia tidak ragu mengakuisisi perusahaan teknologi untuk membesarkan bisnis iklan digital yang makin diminati. Jason yakin dengan memiliki unit bisnis digital akan membantu iklan produksi Focus Media merambah lintas sektor kehidupan masyarakat China. Hingga menjadikan Focus Media sebagai perusahaan iklan yang menguasai pangsa  pasar iklan konsumer dan digital banking di China.

Setelah  mengakuisisi Hedy Holding dengan cara  backdoor listing, Jason Jiang kemudian mengganti nama perusahaannya menjadi Focus Media Information Technology. Kini, Focus Media menjadi perusahaan iklan terbesar yang tercatat di bursa Shenzen.  

Total kapitalisasi pasar Focus Media mencapai  US$ 20 miliar. Nilai kapitalisasi pasar tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan ketika Focus Media keluar dari bursa Nasdaq pada 2013 yaitu sebesar US$ 3 miliar.

Strategi Jason untuk menjadikan perusahaannya sebagai perusahaan besar terbukti. Tapi ia tidak berhenti sampai di situ. Jason terus menggali potensi bisnis iklan dengan media lain. Misalnya dengan menyasar pengiklan di smartphone.

Tahun ini, Jason fokus mengembangkan divisi iklan mobile. Ia menggandeng mesin pencari terbesar di China Baidu. Mereka bekerja sama menayangkan iklan yang dirancang Focus Media.

Baidu akan memberikan masukan pencarian ke pengguna terkait beberapa iklan. Iklan yang ditampilkan berdasarkan kecenderungan pengguna saat sedang browsing atau melakukan pencarian. Cara ini untuk meningkatkan presisi dari pesan yang disampaikan ke pengguna.

Ambisi Jason menguasai iklan digital ditunjukkan dengan mengakuisisi perusahaan aplikasi mobile digital. Pada awal tahun ini, mengutip China Money Network, Focus Media telah menyelesaikan akuisisi terhadap aplikasi mobile Shuhe Technology.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×