kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bangun kerajaan bisnis lewat Sovico Holdings (3)


Kamis, 23 Maret 2017 / 11:40 WIB
Bangun kerajaan bisnis lewat Sovico Holdings (3)


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

Banyak yang tak tahu jika harta berlimpah Nguyen Thi Phuong Thao tak cuma berasal dari maskapai VietJet Air. Miliarder perempuan pertama di Asia Tenggara ini memiliki kerajaan bisnis di bawah bendera Sovico Holdings. Dengan sang suami menjabat sebagai Chairman Sovico, Nguyen mendiversifikasi bisnis ke sektor perbankan, properti hingga pembangkit listrik. Saat ini, bisnis Sovico telah menjangkau lebih dari 10 negara. Awalnya, Sovico berbisnis komoditas.

Nguyen Thi Phuong Thao mengerti betul arti diversifikasi untuk pengembangan bisnis. Kendati telah meraih sukses di bidang penerbangan, perempuan kelahiran 1970 ini mengembangkan berbagai lini bisnis lain.

Sebagai miliarder perempuan pertama di Asia Tenggara, Nguyen membangun kerajaan bisnisnya melalui induk usaha Sovico Holdings. Sejatinya, naluri bisnis sudah tumbuh dalam diri Nguyen sejak belia.

Saat masih berstatus mahasiswi jurusan ekonomi dan keuangan di Moskow, Rusia, pada tahun 1988 Nguyen mencari pemasukan sebagai distributor barang-barang konsumsi dari Jepang, Hong Kong dan Korea Selatan. Barang-barang ini dipasarkan di Moskow.

Selanjutnya, Nguyen berbisnis komoditas yang menjadi cikal bakal pendirian Sovico. Induk usaha ini menjadi pemain awal perdagangan komoditas sehari-hari, elektronik, dan tekstil.

Nguyen memanfaatkan potensi bisnis saat masa transisi ekonomi pecahnya Uni Soviet. Di tahun 1990-an, Sovico tercatat sebagai eksportir beras dari Vietnam ke Rusia.

Selanjutnya, Nguyen merambah ke bisnis value chain. Nguyen merambah menjadi distibutor produk bernilai besar semisal mobil, truk, besi, logam, hingga  peralatan konstruksi.

Kemudian, di 1993 hingga 1996, Sovico melanjutkan ekspansi ke bidang financial investment dan perbankan. Sovico kini berbisnis di lebih dari 10 negara.

Bersama sang suami, Nguyen berambisi terus membesarkan Sovico. Di Sovico, sang suami yakni Nguyen Thanh Hung menduduki kursi Chairman.




TERBARU

[X]
×