kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Barclays jual unit bisnis di Spanyol


Selasa, 02 September 2014 / 07:50 WIB
Barclays jual unit bisnis di Spanyol
ILUSTRASI. Kode Redeem FF hari ini 17 Maret 2023, Waktunya Klaim Karakter hingga Room Card


Sumber: Bloomberg | Editor: Dessy Rosalina

MaDRID. Barclays Plc terus berbenah diri. Aksi terbaru, bank kakap asal Inggris ini melepas unit bisnis di Spanyol. Barclays melepas unit bisnis di Negeri Matador ke tangan CaixaBank SA.

CaixaBank merogoh kocek sebesar US$ 1,1 miliar atau € 800 juta untuk membeli unit bisnis Barclays. Dengan dana sebesar itu, CaixaBank berhak atas unit bisnis ritel, perbankan korporasi, wealth management dan investment banking.
CaixaBank adalah bank terbesar ketiga di Spanyol.

"Akuisisi unit bisnis Barclays merupakan bagian dari strategi pertumbuhan," tulis CaixaBank seperti dikutip Bloomberg, Senin (1/9). Antony Jenkins, CEO Barclays mengatakan, unit bisnis di Spanyol dilepas karena tergolong bukan aset inti. Aset di Spanyol juga termasuk aset yang mengalami penyusutan.  

“Penjualan ini sesuai dengan agenda pengurangan aset non inti yang bertujuan untuk memberikan return yang stabil kepada investor," jelas Jenkins. Catatan saja, harga beli CaixaBank terhadap unit bisnis Barclays mencerminkan 40% dari nilai buku.

Aset Barclays bernilai € 22 miliar. Transaksi ini diperkirakan rampung pada akhir nanti. Penjualan unit bisnis Spanyol bakal mengurangi aset tertimbang menurut risiko (ATMR) Barclays sebesar £ 8 miliar. Porsi kredit Barclays pun berkurang sebesar £ 15 miliar. Sebagai gambaran, unit bisnis Barclays di Spanyol menyalurkan kredit € 18,4 miliar dan € 9,9 miliar dana pihak ketiga (DPK).
 

Untung CaixaBank

Hitungan CaixaBank, akuisisi ini memberikan tambahan 270 cabang kantor. Tambahan kantor cabang milik Barclays membuat total kantor cabang CaixaBank menjadi 5.695 unit. Klien CaixaBank pun bakal naik dari 550.000 menjadi 14 juta nasabah. Sebanyak 2.400 pegawai Barclays di Spanyol pun otomatis berganti baju menjadi pegawai CaixaBank.

CaixaBank berharap, transaksi ini bisa menghemat ongkos bujet ekspansi mencapai € 150 juta hingga tahun 2016. "Pembelian aset ini berdampak pada kenaikan laba bersih sebesar € 80 juta di kinerja tahun 2016," sebut CaixaBank. 
Sementara, ongkos restrukturisasi diperkirakan menelan biaya € 300 juta.

Catatan saja, ini adalah kali kedua Barclays menjual unit bisnisnya. Sebelumnya, Barclays menjual unit bisnis perbankan ritel di United Arab Emirates (UEA) kepada Abu Dhabi Islamic Bank (ADIB) pada April tahun ini senilai US$ 177 juta. Dari transaksi ini, Barclays untung US$ 197 juta.              




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×