kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China berniat memangkas pajak impor obat-obatan


Selasa, 20 Maret 2018 / 16:45 WIB
China berniat memangkas pajak impor obat-obatan
ILUSTRASI. Imlek-China


Reporter: Agung Jatmiko | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Perdana Menteri China Li Keqiang ingin menghapuskan pajak impor untuk obat kanker dan memangkas pajak obat-obatan lainnya. Ini jadi angin segar bagi industri farmasi global yang ingin masuk ke China, pasar farmasi terbesar kedua di dunia.

Mengutip Bloomberg, Selasa (20/3), dalam penutupan Kongres Rakyat Nasional di Beijing, Li mengungkapkan bahwa pemerintah China akan meninjau rencana penurunan pajak untuk produk-produk konsumen yang laris di pasaran, termasuk obat-obatan, terutama obat untuk kanker yang sangat dibutuhkan masyarakat.

"Kami akan menurunkan tarif impor ke tingkat yang relatif besar, dan bekerja keras untuk mencapai tarif nol untuk obat anti-kanker," ujar Li, dilansir dari Bloomberg.

Inisiatif penurunan pajak obat merupakan bagian dari janji yang dikemukakan oleh Li untuk lebih membuka ekonomi, termasuk sektor manufaktur.

Pesan itu muncul ketika para pemimpin China sedang mempersiapkan untuk kerusakan lebih lanjut dalam hubungan perdagangan dengan Amerika Serikat (AS). Presiden AS, Donald Trump berencana mengenakan tarif senilai US$ 60 miliar untuk produk China akhir pekan ini.

Pelonggaran lebih lanjut atas pajak atas obat-obatan bakal menguntungkan perusahaan-perusahaan farmasi global seperti Pfizer Inc. yang berbasis di New York, Glaxo Smith Kline Plc dari Inggris, serta produsen obat-obatan China.

Saham perusahaan farmasi langsung naik begitu Li selesai menyampaikan paparannya mengenai kesehatan. Indeks sektor farmasi dan perawatan kesehatan MSCI China menyentuh level tertinggi sejak 2005, dipimpin oleh kenaikan 15 % oleh CSPC Pharmaceutical Group Ltd.

Langkah tersebut dicetuskan oleh Li untuk mengikuti seruan Presiden China, Xi Jinping yang ingin memenuhi tuntutan warga China akan standar hidup yang lebih baik dan produk berkualitas terbaik di pasar konsumen terbesar di dunia.

Pada bulan November, China mengumumkan pengurangan pajak impor untuk berbagai obat-obatan, termasuk berbagai antibiotik dan produk insulin, sampai 2% dari sebanyak 6%.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×