kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hutchison menjual unit fixed line US$ 1,9 miliar


Selasa, 01 Agustus 2017 / 12:06 WIB
Hutchison menjual unit fixed line US$ 1,9 miliar


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

HONG KONG. Saham Hutchinson Telecommunications Hong Kong Holdings Ltd melonjak 15%, Senin (31/7). Kenaikan harga saham terjadi setelah perusahaan ini mengumumkan akan menjual bisnis fixed line dengan nilai transaksi US$ 1,9 miliar.

Hutchison Telecom sepakat menjual bisnis telekomunikasi fixed line kepada I Square Capital seharga HK$ 14,5 miliar secara tunai. Unit bisnis Hutchison yang melayani telepon fixed line dan Wifi di seluruh Hong Kong adalah Hutchison Global Communications (HGC). Hasil penjualan akan digunakan untuk investasi ke layanan telepon seluler dan modal kerja.

Sumber Reuters menyebutkan, harga jual tersebut mewakili 12 kali pendapatan HGC sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi. Hutchison Telecom memperkirakan bisa menghasilkan keuntungan HK$ 5,8 miliar setara dengan US$ 742,71 juta dari penjualan HGC.

Peminat unit HGC ada beberapa perusahaan termasuk HKBN Ltd, SmarTone Telecommunications Holdings Ltd dan sebuah konsorsium perusahaan private equity TPG Capital Management LP dan MBK Partners. Sumber Reuters menambahkan, I Squared Capital memenangkan penjualan karena tidak akan menghadapi pemeriksaan anti trust.

Berbeda dari penawar lain yang berpotensi menghadapi pemeriksaan anti trust. Rencana TPG dan MBK untuk membeli operator fixed line Wharf T&T Hong Kong telah didengungkan Oktober tahun lalu lewat taipan Peter Woo, pemilik Wharf Holdings. Kala itu, nilai penawaran Woo sebesar US$ 1,22 miliar.

Untuk meloloskan rencana penjualan, HGC harus mendapat restu pemegang saham paling lambat Oktober 2017. Hutchison Telecom masih dalam pengajuan menjual lini bisnis HGC ini. Nilai transaksinya disesuaikan berdasarkan tingkat utang, kas dan data keuangan yang lain.

CK Hutchison yang memiliki 66,1% saham Hutchison Telecom mendukung penjualan saham HGC. I Squared telah memperoleh pinjaman HK$ 7,02 miliar atau setara US$ 900 juta dari Credit Agricole, Credit Suisse dan Deutsche Bank. Utang tersebut untuk membeli HGC.

Hutchison Telecom menunjuk Deutsche Bank dan Goldman Sachs sebagai penasihat keuangan. Sementara, Credit Suisse jadi penasihat dari I Squared Capital.


Berita Terkait



TERBARU

[X]
×