kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indepedence akuisisi Sirius US$ 1,8 miliar


Selasa, 26 Mei 2015 / 11:03 WIB
Indepedence akuisisi Sirius US$ 1,8 miliar
ILUSTRASI. Kode Redeem FF Hari ini 12 Desember 2023, Simak Cara Klaim Reward Menarik


Sumber: Bloomberg | Editor: Hendra Gunawan

PERTH. Meski harga komoditas tambang masih meradang, Independence Group NL terus ekspansi untuk mencari peluang pertumbuhan bisnis. Produsen emas dan nikel asal Australia itu sepakat mengakuisisi Sirius Resources NL senilai A$ 1,8 miliar atau setara US$ 1,4 miliar dalam bentuk tunai dan saham.

Mengutip Bloomberg, pemegang saham Sirius akan menerima duit setara dengan A$ 4,38 per saham. Harga ini lebih tinggi 35% di atas harga saham Sirius pada perdagangan Jumat pekan lalu. Selain itu juga, pemegang saham akan memperoleh saham baru.

Pemegang saham terbesar Sirius yakni Mark Creasy memilih tawaran A$ 0,52 secara tunai dan 0,66% kepemilikan saham di Independence. Creasy menggenggam 35% saham Sirius.

Independence Group ketiban untung dengan membeli Sirius Resources NL. Sebab, Independence Group akan memiliki kontrol proyek tambang nikel Nova Bollinger. Tambang tersebut diproyeksikan siap berproduksi tahun depan.

Aset yang baru saja dibeli oleh Independence Group merupakan tambang dengan biaya produksi paling rendah di Australia. Di skala global, tambang Nova Bollinger menduduki peringkat ke 12 sebagai tambang paling murah.

"Mereka membayar harga penuh dan tidak ada keraguan. Independence Group telah membayar untuk kualitas," ujar Matthew Keane, analis Argonaut Securities Pty.

Sumber pendapatan

Bagi Independence, tambang ini akan menjadi sumber logam baru. Selain mendapatkan hak pengelolaan tambang Nova Bollinger, Independence juga memperoleh aset tambang lain yang masih dalam tahap eksplorasi yakni Fraser Range dan Tropicana.

Tambang Nova Bollinger akan memproduksi 26.000 metrik ton nikel dan sekitar 11.500 ton tembaga per tahun.  Perusahaan tambang Australia lainnya yakni BHP Billiton Ltd setuju untuk membeli setengah dari produksi nikel konsentrat tambang Nova Bollinger selama tiga tahun pertama.

Selain BHP Billiton, pembeli hasil tambang Noca Bollinger lainnya adalah Trafigura Beheer yang akan membeli konsentrat tembaga selama tiga tahun.

Harga saham Independence Group turun 11% menjadi A$ 5,19 di perdagangan bursa Sydney, kemarin. Sedangkan, harga saham Sirius melonjak 22% menjadi A$ 3,94 sejak 1 Maret 2013.

Managing Director Independence Peter Bradford mengatakan, perusahaan akan mencari fasilitas pinjaman baru untuk mendanai aksi tersebut. Tapi, Bradford menolak memberikan rincian jumlah pinjaman.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×