kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini penyebab deposito perbankan Arab Saudi menyusut tajam


Selasa, 31 Juli 2018 / 07:18 WIB
Ini penyebab deposito perbankan Arab Saudi menyusut tajam
ILUSTRASI. Uang riyal Arab Saudi


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - DUBAI. Nilai deposito di perbankan Arab Saudi menyusut setelah pemerintah menarik dana darurat yang pernah disuntikkan. Ketika harga minyak merosot, pemerintah menempatkan dana ke perbankan untuk menurunkan biaya dana.

Delapan dari 12 bank terkemuka Saudi melaporkan penurunan simpanan dalam pendapatan kuartal kedua mereka, yang dirilis selama beberapa minggu terakhir.

Deposito di Alawaal Bank anjlok 19% dari tahun lalu menjadi 66,2 miliar riyal (SU$ 18 miliar), kata bank tersebut kemarin. Setoran di Bank Aljazira turun 3% menjadi 47,8 miliar riyal.

Sebagian bank yang melawan tren adalah pemberi pinjaman terbesar di negara itu, National Commercial Bank, dengan peningkatan deposito sebesar 1% menjadi 317,7 miliar riyal. Bank utama Islam Alinma juga mengalami peningkatan 4%.

Pada tahun 2016, pemerintah menempatkan deposito dalam sistem perbankan untuk mengatasi kekurangan dana karena harga minyak yang rendah mendorong biaya pendanaan naik tajam. Harga minyak sekarang telah pulih sebagian, sehingga bank sentral ingin menghindari arus keluar modal dengan menaikkan suku bunga Saudi sejalan dengan suku bunga AS.

Akibatnya, otoritas moneter mengatakan awal tahun ini akan mengakhiri deposito darurat, menarik uang keluar dari sistem untuk mencegah pasar uang menjadi terlalu longgar.

Setoran oleh entitas pemerintah di semua bank komersial menyusut 11,7% dari tahun sebelumnya menjadi 313,6 miliar riyal pada bulan Juni, data bank sentral yang dirilis pada hari Minggu menunjukkan, dengan deposito waktu dan tabungan menyumbang semua penurunan.

Deposito oleh sektor swasta meningkat tajam, bagaimanapun, sehingga total deposito di bank komersial turun hanya 1,2% menjadi 1,61 triliun riyal.

Biasanya, menyusutnya simpanan akan menimbulkan risiko kekurangan dana lain di sektor perbankan, tetapi pertumbuhan ekonomi lesu Arab Saudi telah menurunkan permintaan dana. Pinjaman bank ke sektor swasta naik tipis hanya 0,6% dari tahun sebelumnya di bulan Juni.

Rasio pinjaman terhadap simpanan bank-bank komersial turun menjadi 78,1% pada bulan Juni, data bank sentral menunjukkan. Ini jauh di bawah batas maksimum 90% dan mengindikasikan bank memiliki banyak ruang untuk memperluas pinjaman jika permintaan untuk pinjaman pulih.

Bank sentral telah mengubah rumus menghitung rasio pinjaman terhadap simpanan pada bulan April dengan memberikan deposito jangka panjang bobot yang lebih tinggi untuk mendorong bank untuk memperkenalkan produk tabungan. 




TERBARU

[X]
×