kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Japan Tobacco akuisisi perusahaan rokok Filipina


Rabu, 23 Agustus 2017 / 06:36 WIB
Japan Tobacco akuisisi perusahaan rokok Filipina


Reporter: Mona Tobing | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Perusahaan rokok asal Jepang, Japan Tobacco Inc (JT) makin ekspansif di Asia Tenggara. Setelah mengakuisisi perusahaan rokok kretek di Indonesia, kali ini Japan Tobacco mencaplok salah satu perusahaan rokok terbesar di Filipina.

Reuters kemarin menyebut, Japan Tobacco mengumumkan rencana mengambil alih Mighty Corporation senilai US$ 936 juta. Mighty merupakan perusahaan tembakau terbesar kedua di Filipina yang menguasai 23% pangsa pasar.

Nilai akuisisi tersebut meliputi jaringan distribusi, peralatan produksi dan kekayaan intelektual. Akuisisi Mighty Corporation diperkirakan rampung di kuartal ketiga tahun fiskal sekarang.

Seperti kebanyakan perusahaan Jepang lain, Japan Tobacco tidak lagi mengandalkan pasar domestiknya. Persaingan dengan perusahaan rokok internasional serta tren pembatasan bisnis rokok membuat Japan Tobacco mencari celah pasar di luar negeri untuk mengimbangi penurunan bisnis di pasar domestik.

Wakil Presiden Eksekutif Japan Tobacco Mutsuo Iwai bilang, transaksi ini bagian dari ekspansi untuk pertumbuhan yang berkelanjutan. "Ini demi jangka panjang," kata Iwai seperti dikutip Financial Times.

Berinvestasi di Asia Tenggara khususnya pada negara berkembang diyakini Japan Tobacco dapat memperkuat merek perusahaan. Sebab jaringan distribusi bakal lebih luas. Japan Tobacco yakin pasar di negara dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat akan menyumbang lebih dari 25% pendapatan.

Japan Tobacco akan menjual rokok merek Winston, Mild Seven dan Camel di Filipina. Sekaligus menantang dominasi Philip Morris International dan Fortune Holdings Corp yang menguasai pasar rokok Filipina.

Sebenarnya Japan Tobacco sudah eksis di Filipina lewat merek Winston. Rokok Winston termasuk dalam kategori produk sub-premium dan cukup populer di daerah perkotaan. Sementara, Mighty memiliki produk populer bermerek Mighty dan Marvels.

Awal bulan ini, Japan Tobacco mengakuisisi PT Karyadibya Mahardhika dan PT Surya Mustika Nusantara, perusahaan yang terafiliasi dengan PT Gudang Garam senilai US$ 677 juta. Japan Tobacco juga mengincar pasar Amerika dan Afrika.




TERBARU

[X]
×