kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Keju adalah jalan untuk menjadi miliarder (1)


Selasa, 13 Maret 2018 / 14:33 WIB
Keju adalah jalan untuk menjadi miliarder (1)
ILUSTRASI. Uang dollar Kanada


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Berasal dari keluarga imigran yang sederhana, Emanuele Saputo sukses membesarkan Saputo Inc. Perusahaan yang bisnisnya mengolah keju itu berkembang pesat hingga mampu menjual produknya ke sekitar 50 negara di dunia. Selain memiliki divisi pembuatan keju, Saputo juga memiliki divisi susu, divisi makanan dan lainnya. Dari kelompok usahanya, Saputo menjadi orang terkaya di urutan 365 versi majalah Forbes dengan kekayaan sebesar US$ 5,3 miliar.

Mengolah susu menjadi keju adalah jalan hidup Emanuele Saputo yang mengantarkannya menjadi salah satu orang kaya dunia. Pria asal Italia yang lebih akrab dipanggil Lino Saputo ini mengibarkan Saputo Inc. usaha pembuatan keju, di Kanada.

Saputo bisa memiliki bisnis di Kanada karena dia memang berasal dari keluarga imigran. Ayahnya, Giuseppe Saputo dan pamannya, Frank, bermigrasi ke Kanada dari Italia untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Saputo pun mengikuti jejak sang ayah bermigrasi ke Kanada.

Berbisnis keju menjadi pilihan Saputo dan keluarganya untuk bisa bertahan hidup di Kanada. Sebab, ketika masih tinggal di Italia, membuat keju adalah keahlian sang ayah. Pada tahun 1954, Lino mulai berbisnis keju di Kanada secara kecil-kecilan. Dengan kerja keras dan keberanian, bisnis keju kecil-kecilan yang dijalankan Saputo dan ayahnya berkembang menjadi sebuah perusahaan besar.

Dengan mengakuisisi dua pabrik keju di Amerika Serikat (AS) pada 1980, Saputo mulai berekspansi ke luar Kanada. Saat ini, Saputo Inc telah menjual produknya ke lebih dari 50 negara di dunia. Perusahaan ini juga menjadi penghasil keju terbesar di Kanada dan keempat terbesar di Australia.  Adapun di AS, Saputo menjadi tiga produsen keju teratas dan menjadi merek keju terpopuler yang memenuhi rak toko swalayan di sana.

Merek  keju yang dihasilkan kelompok itu adalah Saputo, Alexis de Portneuf,  Armstrong,  Coon,  Cracker Barrel, Dairyland,  DairyStar, Friendship Dairies, Frigo Cheese Heads, La Paulina, Milk2Go, Neilson, Nutrilait dan Scotsburn. Yang terakhir ini merupakan merek dagang yang digunakan dengan lisensi.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×