kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Market cryptocurrency lebih bernilai dari JPMorgan


Kamis, 07 Desember 2017 / 09:45 WIB
Market cryptocurrency lebih bernilai dari JPMorgan


Sumber: CNBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Total nilai pasar (market value) cryptocurrency naik tipis ke rekor tertinggi lainnya pada Rabu (6/12). Yang mengejutkan, nilainya berhasil melampaui market value bank terbesar Amerika Serikat JPMorgan.

Berdasarkan data Coinmarketcap, kapitalisasi pasar gabungan semua mata uang digital mencapai titik tertinggi sepanjang masa, yakni lebih dari US$ 370 miliar sekitar pukul 06.50 pagi waktu London. Angka ini didapat dengan mengalikan harga cryptocurrency dengan total volume mata uang digital yang beredar.

Kondisi itu menyebabkan market value cryptocurrency melampaui JPMorgan, yang saat ini mencapai US$ 366,8 miliar. Jamie Dimon, kepala eksekutif JPMorgan, telah menjadi tokoh pengkritik negatif tentang bitcoin, cryptocurrency terbesar dunia. Dimon menyebut bitcoin sebuah "penipuan" yang pada akhirnya akan "meledak."

Informasi saja, harga bitcoin melonjak di atas US$ 12.000 untuk pertama kalinya pada hari Rabu, sehingga mengangkat seluruh pasar. Para pengamat percaya lebih banyak uang institusional akan mengalir ke bitcoin karena saat ini tengah dipersiapkan sejumlah transaksi perdagangan derivatif untuk memperkenalkan kontrak futures mata uang digital.

Kontrak berjangka memungkinkan para pedagang untuk menyetujui pembelian atau penjualan aset dengan harga yang telah ditentukan di kemudian hari. Hal ini memungkinkan spekulasi pergerakan harga dan lindung nilai, sesuatu yang diyakini oleh para pendukung akan mengurangi volatilitas pada bitcoin, yang notabene merupakan aset yang sangat volatil.

Mata uang digital lainnya, IOTA, juga mengalami tren kenaikan di pasar cryptocurrency. IOTA mencapai level harga US$ 5 untuk pertama kalinya pada hari Rabu, setelah naik lebih dari 90% dalam 24 jam terakhir, dan menggeser XRP milik Ripple sebagai kripto keempat terbesar di dunia. IOTA mulai rally awal pekan ini menyusul pengumuman kemitraan antara jaringan blockchain dan perusahaan teknologi besar termasuk Microsoft dan Samsung.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×