kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menlu AS: Diplomasi hingga bom pertama dijatuhkan


Senin, 16 Oktober 2017 / 08:51 WIB
Menlu AS: Diplomasi hingga bom pertama dijatuhkan


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson pada Minggu (15/10) mengatakan, Presiden Donald Trump telah menginstruksikan dirinya untuk terus melakukan upaya diplomasi untuk meredakan ketegangan dengan Korea Utara. "Upaya diplomasi itu akan terus berlangsung hingga bom pertama dijatuhkan," jelasnya.

Berbicara di CNN dengan tajuk "State of the Union", Tillerson mengabaikan pesan Trump sebelumnya di Twitter yang mengatakan bahwa Tillerson sudah membuang waktunya bersusah-susah dalam bernegosiasi dengan "Little Rocket Man", nama julukan yang diberikan Trump untuk Pimpinan Korea Utara Kom Jong Un.

"Trump telah menegaskan kepada saya untuk terus melakukan upaya diplomasi," kata Tillerson.

Pernyataan Tillerson tersebut diutarakan di tengah memuncaknya ketegangan antara AS dan Korut menyusul serangkaian ujicoba senjata nuklir oleh Pyongyang dan perang kata-kata antar pimpinan kedua negara.

Seperti yang diketahui, Korut sudah melakukan sejumlah ujicoba nuklir dalam beberapa pekan terakhir dan sempat meluncurkan dua rudal melewati Jepang.

Tillerson sendiri sudah melakukan perundingan dengan China untuk membantu menangani Korut.

Namun, pesan Twitter Trump beberapa waktu terakhir sepertinya membuat upaya Tillerson menjadi sia-sia. Bahkan Ketua Senat Komite Hubungan Luar Negeri Bob Corker mengeluhkan bahwa aksi Trump secara terbuka menjegal upaya Tillerson dan mencederai pembicaraan diplomatik.

Tillerson mengabaikan tweet tersebut pada hari Minggu, dengan mengatakan kepada CNN bahwa Trump dan Presiden China Xi Jinping memiliki hubungan yang sangat dekat dan China sangat memahami posisi AS.

"Yakinlah bahwa orang China tidak bingung tentang kebijakan Amerika terhadap Korea Utara," tambahnya.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×