kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Nippon Life menjadi investor jangkar DWS


Selasa, 13 Maret 2018 / 11:39 WIB
Nippon Life menjadi investor jangkar DWS
ILUSTRASI. Deutsche Bank AG


Reporter: Agung Jatmiko, Avanty Nurdiana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Nippon Life akan menjadi investor jangkar dalam penawaran umum perdana alias initial public offering (IPO) unit bisnis aset manajemen Deutsche Bank. Bank asal Jerman itu memilih IPO anak usahanya sebagai salah satu jalan keluar dari krisis.

Perusahaan yang berbasis di Frankfurt, Jerman ini, seperti dikutip Financial Times, akan menjual 20% saham DWS Group yang saat ini sepenuhnya dimiliki Deutsche Bank. Harga penawaran IPO DWS diperkirakan 30 hingga 36 per saham. Nippon Life adalah perusahaan asuransi terbesar di Jepang.

Perusahaan ini sepakat untuk membeli 5% saham di harga penerbitan. Nippon juga sepakat untuk mengelola dan menyetujui pengembangan produk secara bersama-sama dalam lima tahun pertama.

DWS yang masuk dalam lima besar pemain di Eropa, memiliki dana kelolaan sebesar 700 miliar. Perusahaan ini juga menjadi pelopor pasar ritel di Jerman dengan pangsa sebesar 26%. Pencatatan saham DWS adalah elemen kunci dari rencana CEO Deutsche John Cryan untuk menghidupkan kembali bisnis di Jerman.

Bulan lalu, Deutsche Bank gagal memangkas biaya sesuai target yang ditetapkan. Cryan mengatakan, tidak akan membagi bonus untuk ketiga kali berturut-turut setelah bank itu membukukan kerugian setahun penuh.

Tahun lalu, Cryan menetapkan rencana untuk mengubah nasib bisnis Deutsche Bank dengan meningkatkan modal, merampingkan bisnis bank investasi dan berkomitmen untuk memperbesar bisnis ritel Postbank.

Mengutip sumbernya yang anonim, Financial Times menyatakan rencana IPO bisnis pengelolaan aset bertujuan agar unit bisnis itu otonom dan mampu menetapkan prioritasnya sendiri.

Masih mayoritas

Meski melepas sebagian kepemilikan di DWS, Deutsche tetap menjadi pemegang saham terbesar, dengan porsi kepemilikan 75%-80%, tergantung pelaksanaan opsi untuk meningkatkan jumlah penawaran. Berdasarkan kisaran harga, Financial Times memperkirakan kapitalisasi pasar DWS senilai 6 miliar- 7,2 miliar.

Dari IPO DWS, Deutsche menargetkan meraih dana 1,8 miliar setara U$ 2,2 miliar. Mengutip Reuters, Senin (12/3) Deutsche Bank, akan menawarkan 40 juta saham. IPO dijadwalkan pada 23 Maret 2018 di Frankfurt.

Analis Barclays Plc, Daniel Garrod mengatakan, kekuatan utama DWS Investment adalah portofolionya yang terdiversifikasi di banyak kelas aset dan skala global.

Aliansi DWS dan Nippon Life sesuai dengan rencana asuransi asal Jepang itu untuk tumbuh di luar kandangnya. Maklumlah, tingkat imbal hasil investasi di Jepang kian menyusut.

Nicolas Moreau, CEO DWS menyambut kehadiran Nippon Life sebagai investor jangkar dalam IPO DWS. Menurut dia, aliansi strategis antara keduanya akan membantu mempercepat pertumbuhan DWS di Asia.




TERBARU

[X]
×