kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penyelamat bangunan bersejarah di Rusia (2)


Rabu, 16 Agustus 2017 / 14:52 WIB
Penyelamat bangunan bersejarah di Rusia (2)


Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Tri Adi

Meski tersohor sebagai pebisnis properti, Sergei Gordeev ternyata punya sisi lain yang menarik. Dia adalah seorang preservationist alias pendukung pelestarian bangunan bersejarah. Lewat Avant Garde Foundation, Gordeev membeli bangunan unik dan bersejarah karya arsitektur terkenal Rusia, Konstantin Melnikov. Bangunan itu kini menjadi museum untuk mengenang karya-karya Melnikov.

Sosok Sergei Gordeev terbilang unik. Tak seperti kebanyakan pengembang perumahan yang hanya ingin membangun sebanyak-banyaknya portofolio megah di lokasi strategis. Gordeev berbeda. Ia justru terkenal sebagai sosok preservationist alias pendukung pelesterian bangunan bersejarah serta warisan budaya.

Kisah ini menyeruak saat pada 2005 kala Gordeev membeli sebuah rumah berbentuk silinder di Moskow yang bernama Melnikov House. Rumah ini dibangun dan dimiliki seorang arsitek dan pelukis kenamaan Rusia bernama Konstantin Melnikov.

Rumah tersebut memang terbilang unik dan punya nilai sejarah tinggi. Bentuk bangunannya merupakan gabungan dari dua menara silinder yang saling berpotongan. Belum lagi model jendela bangunan tiga lantai itu yang berbentuk heksagonal.

Melnikov yang tutup usia tahun tahun 1974 di usia ke-82 tahun, terkenal sebagai seniman independen. Dia tak terikat oleh aturan, gaya serta masuk kelompok artistik manapun.

Melnikov merupakan arsitek yang enggan mengikuti tren dan arahan Pemerintah Uni Soviet kala itu untuk merancang bangunan-bangunan dengan model "Stalinst Architecture" tahun 1930, yang kala itu menjadi banyak rujukan para arsitek di Uni Soviet. Stalinst Architecture merupakan arsitektur yang dikembangkan di bawah pemerintahan Joseph Stalin.

Oleh sebab itu, karya-karya bangunan peninggalan Melnikov, salah satunya Melnikov House, banyak menarik banyak perhatian pengamat sejarah dan juga komunitas pelestarian bangunan bersejarah di Rusia. Melnikov House telah dianggap sebagai landmark di Rusia.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×