kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,47   7,12   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pesantren Tahfiz di Malaysia terbakar, 24 tewas


Kamis, 14 September 2017 / 19:57 WIB
Pesantren Tahfiz di Malaysia terbakar, 24 tewas


Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Kejadian memilukan terjadi di Kuala Lumpur, Malaysia. Rumah Tahfiz mengalami musibah kebakaran yang menyebabkan 24 orang siswa dan guru meregang nyawa.

Kebakaran di sekolah Tahfiz Darul Quran Ittifaqiyah terjadi pada Kamis pagi dini hari. Para korban diduga terjebak di dalam asrama karena jendela kamar mereka dilindungi dengan teralis besi.

"Ini merupakan musibah kebakaran terburuk di Malaysia dalam 20 tahun terakhir," kata Khirudin Drahman, Direktur Departemen Kebakaran dan Keselamatan kepada AFP.

Perhitungan awal, jumlah korban yang tewas mencapai 25 orang. Namun, kemudian, pihak kepolisian merevisinya menjadi 24 orang.

Polisi mengatakan, 22 orang korban tewas adalah siswa. Kesemuanya merupakan anak laki-laki yang berusia 13-17 tahun. Sedangkan dua orang korban merupakan guru dan staf di pesantren tersebut.

Sementara itu, ada sepuluh orang korban luka yang dilarikan ke rumah sakit. Empat di antaranya mengalami luka serius.

Kebakaran dilaporkan terjadi pada pukul 05.40 waktu setempat pada Kamis. Menurut pihak kepolisian, api sudah menjalar sebelum itu.

Berdasarkan foto dan video yang beredar di media sosial, seluruh kamar bagian atas sekolah tersebut ludes terpanggang api.

"Berdasarkan penyelidikan awal kami, posisi korban yang ditemukan mengindikasikan bahwa mereka berupaya menyelamatkan diri melalui jendela, namun tak bisa karena ada teralis besi," jelas Deputi Direktur Departemen Kebakaran dan Keselamatan Soiman Jahid.

Jahid juga bilang, saat ini pihak kepolisian masih menginvestigasi apa penyebab kebakaran. Diduga, hal ini disebabkan arus pendek.

Media lokal juga melaporkan, operasional sekolah ini diduga melanggar peraturan pemerintah, karena pengajuan izin pengaman kebakaran tersebut diduga masih dipending.

Menteri kesejahteraan dan perumahan Malaysia mengatakan, ada 29 insiden kebakaran di sekolah-sekolah tahfiz di Malaysia sejak 2015.

Beberapa tetangga yang tinggal di sebelah asrama mengatakan, mereka mendengar teriakan dan melihat api yang berkobar.

"Anak-anak itu berteriak minta tolong, namun saya tidak dapat menolong mereka karena pintunya sudah terbakar," jelasnya.

Di sebuah jendela yang tampak tidak ada teralisnya, ada sekitar delapan orang anak yang berhasil menyelamatkan diri dengan pergerakan pada pipa saluran air.

Kepala Polisi Kuala Lumpur Amar Sigh mengatakan, seluruh tubuh terbakar habis.

"Sangat disayangkan, hanya ada satu pintu keluar sehingga mereka tidak dapat melarikan diri. Seluruh tubuh saling bertumpuk satu sama lainnya," kata Singh.

Perdana Menteri Najib Razak mengutarakan rasa simpatinya kepada para korban dan kerabat lewat Tweeter. 




TERBARU

[X]
×