kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Potret keluarga Kim Jong Un yang misterius


Rabu, 30 Agustus 2017 / 12:43 WIB
Potret keluarga Kim Jong Un yang misterius


Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Seperti banyak hal lain di Korea Utara (Korut), kehidupan keluarga Kim Jong Un juga diselimuti misteri.

Namun laporan dari intelijen mata-mata Korea Selatan (Korsel) menunjukkan, istri Kim Jong Un yang bernama Ri Sol-ju, telah melahirkan anak ketiga pada Februari tahun ini.

Spekulasi kehamilan istri sang pemimpin utama Korut itu merebak pada 2016, setelah dia tak lagi muncul di hadapan publik.

Anak-anak mereka lainnya diyakini telah lahir pada 2010 dan 2013. Tapi, belum jelas apakah Kim Jong Un berhasil memiliki pewaris takhta laki-laki untuk menggantikannya karena jenis kelamin anak pertama dan ketiga pasangan tersebut masih belum jelas.

BBC hanya mengetahui, jenis kelamin anak kedua Jong Un adalah perempuan yang dinamakan Ju-ae. Bocornya jenis kelamin anak kedua Kim diketahui saat bintang basket dunia Dennis Rodman -yang merupakan sahabat dekat Jong Un- terpeleset lidah saat diwawancara oleh Guardian pada 2013.

Rodman mendeskripsikan dirinya mengalami waktu santai di laut dengan keluarga Kim saat kunjungannya ke Korut. Dia juga mendeskripsikan Jong Un sebagai ayah yang baik dan memiliki keluarga yang bahagia.

Mengapa keluarga Kim dipenuhi misteri?

Media Korut memang tidak banyak menulis tentang kehidupan pribadi pemimpin mereka, termasuk kehidupan keluarga.

Selain itu, tak banyak yang mengetahui tentang masa pertumbuhan Kim Jong Un. Tiba-tiba saja, dia muncul di hadapan publik pada September 2010, tak lama sebelum kematian ayahnya.

Tidak diketahui kapan dia lahir. Tapi diperkirakan, sang diktator lahir pada tahun 1983 atau 1984.

Kakeknya, Kim Il-sung (yang mendirikan Republik Rakyat Demokratik Korea Utara) kerap terlihat di publik dengan sang istri dan sering mengabadikan diri mereka melalui foto dengan anak-anak. Dia adalah ayah dari tiga anak laki-laki dan satu anak perempuan.

Televisi Korut dinamakan "Comrade RI Sol-ju" dari nama istri Kim Jong Un pada 2012, setelah ada spekulasi terkait identitas seorang wanita yang tampil di sejumlah acara publik dengannya. Namun, sepertinya, pasangan tersebut sudah menikah tiga tahun sebelumnya.

Pewaris takhta

Sebagai anak bungsu Kim Jong Il, Kim Jong Un tidak dipertimbangkan akan menggantikan posisi ayahnya. Namun, dia ditunjuk sebagai pewaris takhta di 2011 setelah kematian Kim Jong Il.

Kondisi ini langsung membuat semua mata tertuju pada sejarah keluarga Kim Jong Il yang cukup rumit. Apalagi setelah abang tirinya, Kim Jong Nam, tewas dibunuh di bandara Kuala Lumpur pada awal tahun ini.

Sebuah video misterius yang memunculkan seorang pria bernama Kim Han Sol, muncul dan beredar di media sosial. Dia mengklaim merupakan putra dari Kim Jong Nam. Hal ini semakin memperkuat tekanan bagia Kim Jong Un untuk memiliki putra laki-laki sebagai penerus.

Siapakah istri Kim?

Tak banyak yang diketahui mengenai Ri Sol Ju. Tapi ramai diberitakan bahwa dia kemungkinan besar merupakan seorang penyanyi yang menarik perhatian Kim Jong Un saat tampil di sebuah pertunjukan.

Memang ada penyanyi Korut dengan nama yang sama, namun, belum ada konfirmasi mereka adalah orang yang sama.

Analis hanya meyakini, Kim Jong Un dan Ri Sol Ju memiliki tiga anak karena ketidakhadiran mereka yang tanpa penjelasan dan terkesan menghilang tiba-tiba. Belum ada konfirmasi resmi mengenai hal ini.

Gaya Ri Sol Ju yang kebarat-baratan dan hubungannya yang santai dengan sang suami di hadapan publik, mendorong dilakukannya perbandingan gaya busananya dengan mantan Ibu Negara AS Michelle Obama.

Dari kondisi itu, banyak pihak yang berharap Kim Jong Un akan menerapkan gaya kepemimpinan yang moderat. Sayangnya, hubungan internasional Korut beberapa waktu terakhir secara dramatis menumbangkan ekspektasi tersebut. Apalagi setelah dilakukannya serangkaian ujicoba rudal dan nuklir atas perintah sang pemimpin.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×