kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45930,53   2,89   0.31%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Puerto Rico alami default pertama dalam sejarah


Selasa, 04 Agustus 2015 / 05:38 WIB
Puerto Rico alami default pertama dalam sejarah


Reporter: Barratut Taqiyyah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

PUERTO RICO. Dapat dikatakan, Puerto Rico kini menjadi 'Yunani-nya Amerika'. Pulau ini mengalami gagal bayar atawa default atas utangnya untuk kali pertama di sepanjang sejarah pada Senin (3/8).

Ini sejumlah informasi mengenai krisis utang Puerto Rico:

- Puerto Rico kini mengalami default, di mana mereka hanya mampu membayar US$ 628.000 dari total utang US$ 58 juta yang jatuh tempo kemarin. Ini menandakan default pertama dalam sejarah Puerto Rico.

- Secara total, nilai utang Puerto Rico kepada krediturnya mencapai US$ 70 miliar. Gubernur Puerto Rico Alejandro Garcia Padia mengatakan, pemerintah tidak dapat membayar seluruh utangnya. Dia juga bilang, ekonomi Puerto Rico saat ini mengalami 'kematian spiral'. Dia kemudian membentuk tim khusus untuk merumuskan strategi ekonomi pada akhir musim panas ini.

- Puerto Rico mengalami krisis utang karena pemerintah menggunakan banyak dana dalam beberapa tahun terakhir di tengah perlambatan ekonomi mereka.

- Pulau ini seharusnya membayar total utang US$ 483 juta pada Senin kemarin. Sejumlah pengamat memprediksi, Puerto Rico akan membayar seluruh utangnya itu, kecuali utangnya kepada Public Finance Cooperation senilai US$ 58 juta.

- Rakyat biasa Puerto Rico menjadi pihak yang paling menderita atas terjadinya default ini, bukan Wall Street. Sebab, kebanyakan pemegang utang dari Public Finance Cooperation adalah warga biasa melalui bank kredit di negara tersebut.

- Saat ini, kondisi ekonomi Puerto Rico sangat memprihatinkan. Angka pengangguran di level 12%, lebih tinggi dua kali lipat dari Amerika Serikat yang saat ini berada di level 5,3%.

- Terjadi eksodus besar-besaran saat ini. Sekitar 10.000 warga Puerto Rico meninggalkan pulau ke Amerika Serikat untuk mencari kerja dan stabilitas.

- Pemerintahan Obama belum memiliki rencana untuk memberikan dana talangan (bailout) kepada Puerto Rico.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×