kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saat Kim Jong Un bersantai hadiri konser musik band Korsel di Pyongyang


Senin, 02 April 2018 / 09:34 WIB
Saat Kim Jong Un bersantai hadiri konser musik band Korsel di Pyongyang
ILUSTRASI. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istrinya pada Minggu (1/4) menghadiri konser pertama di Pyongyang selama lebih dari satu dekade oleh para artis Korea Selatan, termasuk girlband K-pop. Ini merupakan langkah rekonsiliasi terakhir sebelum pertemuan antar-Korea yang langka terjadi.

Kunjungan Kim dilakukan sebagai langkah mempercepat pencairan diplomatik di semenanjung Korea setelah berbulan-bulan terjadi ketegangan militer.

Kelompok yang beranggotakan 120 orang - 11 pemain musik serta penari, teknisi dan seniman bela diri - menggelar konser pada hari Minggu dan Selasa (3/4) besok.

Seorang pejabat kementerian budaya Seoul mengatakan, Kim dan istrinya datang untuk menonton konser musik pada hari Minggu. Ini menjadikannya sebagai pemimpin pertama Korea Utara yang menghadiri konser musik oleh artis Korea Selatan.

Kantor Berita Yonhap milik Korea Selatan memberitakan, Kim mengatakan acara budaya antar-Korea harus diadakan lebih sering dan dia menyarankan untuk diadakan perhelatan lain di Seoul pada musim gugur ini.

Melansir The Straits Times, dua pejabat tingkat tinggi Korea Utara lainnya, saudara perempuan Kim, Kim Yo Jong dan kepala negara bagian Kim Yong Nam, juga hadir dalam acara tersebut.

Atlet Taekwondo juga ikut ambil bagian pada pertunjukan di hadapan 2.300 penonton di Pyongyang pada Minggu kemarin, menjelang pameran seni bela diri dua Korea dengan para praktisi Korea Utara pada hari ini, Senin (2/4).

Konser berlangsung di Teater Besar East Pyongyang dengan kapasitas penonton mencapai 1.500 kursi.

Proses pemulihan hubungan antar dua Korea ini dipicu oleh Olimpiade Musim Dingin Korea Selatan, di mana pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengirim atlet, cheerleaders, dan saudaranya yang berkuasa sebagai utusan.

Rombongan seni Korea Utara, 140-anggota Samjiyon Orchestra, menggelar dua pertunjukan di Korea Selatan bulan lalu untuk merayakan Olimpiade.

Kim kemudian secara mengejutkan menyetujui KTT dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In dan Presiden AS Donald Trump. Pemimpin muda itu juga bertemu Presiden China Xi Jinping di Beijing pada pekan lalu dalam perjalanan luar negerinya yang pertama sejak berkuasa.

KTT antar-Korea yang ketiga, setelah pertemuan tahun 2000 dan 2007, akan diselenggarakan pada tanggal 27 April. Belum ada tanggal yang ditetapkan untuk KTT AS-Korea Utara meskipun diprediksi pertemuan akan berlangsung sebelum akhir Mei.

Sinyal lain yang menandakan meredanya ketegangan antar Korea adalah latihan militer tahunan AS-Korea Selatan yang berlangsung di Selatan pada Minggu akan berlangsung hanya satu bulan dibandingkan dengan sebelumnya yang berlangsung selama dua bulan.

Latihan tahun ini menampilkan lebih sedikit senjata strategis seperti kapal induk bertenaga nuklir, kata militer Seoul. Pengerahan persenjataan yang kuat seperti itu selama proses latihan di masa lalu kerap memancing amarah dari Utara.

Kelompok band musik yang paling ditunggu-tunggu pada konser kemarin adalah Red Velvet. Girlband ini merupakan bagian dari fenomena K-pop Selatan yang sangat populer di Asia dalam beberapa dekade terakhir.




TERBARU

[X]
×