kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SF Express meraih berkah saat SARS mencuat (3)


Kamis, 27 April 2017 / 14:25 WIB
SF Express meraih berkah saat SARS mencuat (3)


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Tri Adi

Wang Wei memulai bisnis pengiriman barang dengan sederet tantangan. Khususnya status bisnis kargo yang kala itu masih dianggap ilegal oleh Pemerintah China. Bisnis SF Express mencuat ketika penyakit SARS menjangkiti penduduk China. Kala itu, China melarang maskapai komersial untuk terbang. Wei tetap melayani permintaan kargo yang membludak dengan izin pesawat sewa. Sejak saat itu, bisnis SF Express terus berbiak.

Momentum itu merupakan suatu hal yang krusial dalam membangun bisnis. Miliarder Wang Wei menemukan momentum bisnis justru ketika ada musibah. .

Mengutip South China Morning Post, Wei mendirikan Shunfeng Express Group (SF Express) sejak tahun 1990-an. Modal Wei mendirikan SF Express lewat utang alis berasal dari kantong sang ayah sebesar US$13.000.

Sang ayah adalah penerjemah bagi Tentara Komunis China. Sedangkan ibunya seorang guru. Tapi, wei belajar bisnis dari sang paman. Di awal SF Express berdiri, Wei sendiri yang mengantar barang dari Hong Kong melewati perbatasan China.

"Bisnis pengiriman barang saat itu masih ilegal dan disebut black delivery,” ujar Wei. Mengutip Economic Times, keberuntungan mendatangi miliarder berusia 46 tahun ini ketika ada epidemi penyakit SARS di China pada tahun 2003 silam.

Kala itu, larangan terbang menimpa maskapai komersial agar virus SARS tidak tersebar. Di saat semua maskapai komersial tidak dapat melayani jasa kargo, bisnis SF Express justru berkibar.

Sebab, Wei tetap meraih izin menerbangkan pesawat sewaan untuk melayani pengiriman barang. Alhasil, kasus SARS memberikan berkah bagi Wei. Kala itu, hampir semua klien kompetitor berhasil direbut SF Express.

Padahal, Pemerintah China belum mengizinkan pihak swasta menggarap bisnis pengiriman barang hingga 2009. Kendati masih berstatus ilegal, kepiawaian Wei memanfaatkan peluang bisnis saat kasus SARS menjadi titik balik bagi SF Express.

Pelayanan kargo yang stabil dan terpercaya di saat mencuatnya SARS menjadikan SF Express diperhitungkan.  Sejak saat itu, bisnis SF Express terus membesar hingga mendapat julukan "FedEx of China."




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×