kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

VW mencari calon pembeli Ducati dan Renk


Senin, 31 Juli 2017 / 15:45 WIB
VW mencari calon pembeli Ducati dan Renk


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Dessy Rosalina

BERLIN. Volkswagen (VW) berencana menjual merek sepeda motor Ducati dan pembuat mesin transmisi Renk. Perusahaan ini bahkan telah minta bank untuk mengevaluasi opsi tersebut.

Divestasi kedua perusahaan ini demi merampingkan bisnis dan membantu pendanaan perusahaan, usai kasus diesel gate di AS.

Sejak 2016, perusahaan ini menganggarkan dana miliaran euro untuk bisnis mobil listrik dan layanan mobil baru. Rencana iniu menjadi bagian dari strategi bisnis hingga 2025. Tapi, tampaknya VW akan mengkaji ulang langkah ini.

Pemimpin buruh VW yang menempati separuh dari 20 kursi di dewan pengawas menolak menjual aset Ducati dan Renk tanpa alasan finansial yang kuat. Keluarga miliader Porche dan Piech yang menguasai 52% saham VW dan memegang empat kursi pengawas juga tak mendukung rencana itu.

Sayang juru bicara Porsche menolak berkomentar. Yang pasti, sumber ketiga Reuters di VW mengatakan akan meminjau ulang rencana menjual Ducati karena tak ingin mengambil risiko saat berhadapan dengan buruh dan mengatur ulang bisnis VW yang dipandang penting untuk investor.

Chief Financial Officer VW Frank Witter menolak berkomentar mengenai rencana penjualan aset VW ini. "Perwakilan karyawan di dewan pengawas Volkswagen tak akan menyetujui penjualan Ducati atau Renk atau MAN Diesel & Turbo," kata juru bicara dewan pekerja VW dikutip Reuters.

Tapi menurut dia, semua orang yang membaca hasil kinerja VW selama satu semester seharusnya tahu bahwa VW membutuhkan dana. Anak perusahaan VW tidak akan diperebutkan oleh para pemburu barang murah.

Peminat Ducati

Sumber Reuters menyebutkan, ada lima penawar yang terpilih untuk membeli Ducati. Salah satunya adalah keluarga Benetton di Italia. Sumber itu menyebutkan, nilai penawarannya sebesar 1,3 miliar hingga 1,5 miliar.

Selain Benetton, Edizione Holding, perusahaan otomotif A. Polski Industries dan private equity pemilik Ducati sebelumnya, yakni Investindustrial, PAI, dan Bain Capital asal Prancis, akan ambil bagian. Sayangnya, Investindustrial menolak berkomentar. Polaris, PAI, dan Bain juga tidak bisa dihubungin untuk dimintai komentar.

Sumber lain menyebutkan, sebelumnya, dua perusahaan sepeda motor asal India yakni Eicher Motors dan Bajaj Auto, serta private equity CVC Capital Partners and Advent juga tertarik memiliki Ducati. Asal tahu saja, tahun lalu, Ducati menghasilkan pendapatan 731 juta.

Selama enam bulan pertama tahun ini, laba operasi VW melonjak 19% menjadi 8,9 miliar atau setara 7,96 miliar. Hal tersebut bukan karena pertumbuhan penjualan. Tapi karena produsen mobil ini memotong anggaran di divisi riset dan pengembangan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×