kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,22   7,62   0.77%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wanita pilot pertama Afghanistan mendarat di Bali


Selasa, 15 Agustus 2017 / 23:14 WIB
Wanita pilot pertama Afghanistan mendarat di Bali


Sumber: Antara | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Setelah menempuh penerbangan sepanjang 12.861 mil laut sejak meninggalkan Bandar Udara Internasional Daytona Beach, Florida, Amerika Serikat, pada 13 Mei 2017, h Kapten Shaesta Waiz tiba di Pulau Dewata Bali, Selasa (15/8) malam.

Pesawat Beechcraft Bonanza A36 yang dipiloti perempuan pilot pertama Afghanistan untuk mengelilingi dunia seorang diri itu mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai pada pukul 20.17 WITA setelah menjelajahi angkasa selama sekitar tujuh jam dari Singapura.

Kedatangan perempuan berusia 29 tahun yang melakukan penerbangan seorang diri untuk mengampanyekan pentingnya kaum perempuan menguasai sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM) serta dunia penerbangan ini disambut sejumlah pejabat dari instansi terkait.

Di antara para pejabat yang turut menyambut kedatangan Kapten Shaesta dengan pesawat kecil bermesin tunggal yang diterbangkannya dari Bandara Seletar, Singapura, pada pukul 13.20 waktu setempat itu adalah Kabag Kerja Sama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agoes Soebagio.

Tampak pula di antara mereka yang menyambut kedatangan pesawat bernomor registrasi N364ER yang telah menjelajahi lebih dari separuh dari total jarak tempuh 25.800 km itu adalah wakil otoritas bandara, Airnav Bali, Pertamina, dan Biomantara.

Menurut Agoes Soebagio, tidak ada acara penyambutan resmi terhadap Kapten Shaesta Waiz guna membuatnya merasa nyaman setelah melakukan penerbangan solo yang relatif panjang dan melelahkan dari Singapura.

Dari Bandara Ngurai Rai, Kapten Shaesta diantar menuju Hotel Discovery Kartika Plaza di kawasan Kuta yang menjadi tempatnya menginap selama tiga hari di Bali.

Selama di Bali hingga sebelum melanjutkan rangkaian penerbangan solonya berkeliling dunia menuju Darwin, ibu kota Northern Territory, Australia, Kapten Shaesta dijadwalkan memberikan konferensi pers ke sejumlah wartawan Indonesia pada Rabu (16/8).

Dalam konferensi pers tersebut, pejabat Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI dan perempuan pilot Indonesia dijadwalkan turut mendampingi Kapten Shaesta Waiz.

Kemudian di hari yang sama, perempuan pilot keturunan Afghanistan ini akan mengikuti rapat dengan unsur otoritas bandara, Angkasa Pura, dan Biomantara Bali guna membahas sejumlah hal penting seperti rencana penerbangan, kesiapan pesawat, dan kondisi cuaca.

Pada Kamis pukul 07.00 waktu Bali, perempuan berparas ayu dengan rambut lurus melebihi bahu ini dijadwalkan melanjutkan penerbangannya sepanjang 953 mil laut menuju Darwin, Australia Utara.

Dari Darwin, sesuai jadwal rute penerbangannya yang dipublikasi situs resmi Dreams Soar, organisasi yang dia dirikan, Kapten Shaesta akan menyinggahi Kota Cairns, Australia, sebelum bertolak ke Bandara Magenta, Kaledonia Baru, yang berjarak 1.215 mil laut.

Sebelumnya pada akhir Juli 2017, saat masih berada di Singapura, Kapten Shaesta menyempatkan diri mengunjungi Kota Batam guna mengisi sebuah seminar bertajuk perempuan dan profesi pilot di depan ratusan pelajar perempuan dari akademi sekolah penerbangan.

Perempuan pilot lulusan Embry-Riddle Aeronautical University (AS) ini sebelumnya berencana memulai misi penerbangan solonya itu dari Bandara Internasional Daytona Beach pada Musim Gugur 2016. Di bandara itu pula, dia akan mengakhiri penerbangan panjangnya ini.

Total jarak penerbangan yang dilakukan Kapten Shaesta Wais untuk mengelilingi lima benua seorang diri dengan menyinggahi 18 negara selama 90 hari itu mencapai sekitar 25 ribu mil laut.

Selain AS, di antara negara-negara yang disinggahinya adalah Kanada, Portugal, Spanyol, Italia, Yunani, Mesir, Bahrain, Uni Emirat Arab, Oman, India, Sri Lanka, Thailand, Singapura, Bali (Indonesia), Australia, Kaledonia Baru, Samoa Amerika, dan Kiribati.

Ada pun kota-kota AS yang dia darati dalam misi penerbangannya itu antara lain Columbus, Ohio, Grand Rapids, Michigan, Hilo, Hawaii, El Cajon, California, Phonix, Arizona, Kansas, Cincinnati, Washington DC, Atlanta, Georgia, dan Mobile, Alabama.




TERBARU

[X]
×