kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Universitas terbaik di dunia


Sabtu, 21 Juli 2018 / 08:00 WIB
5 Universitas terbaik di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

KONTAN.CO.ID -  Menentukan pilihan untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi bukanlah perkara mudah. Banyak hal menjadi pertimbangan. Tetapi satu hal yang menjadi harapan dan keinginan calon mahasiswa dan orang tuanya adalah dengan kuliah di perguruan tinggi tersebut, maka si anak bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya agar bisa bersaing dalam kehidupan global yang kian kompetitif. Berikut kami sajikan 5 perguruan tinggi terbaik di dunia versi Kontan berdasarkan penilaian QS World University Ranking 2018.

Nama : University of Cambridge
Alamat : The Old Schools, Trinity Lane, Cambridge CB2 1TN
Negara : Inggris
Didirikan : Tahun 1209
Jml.  Mahasiswa : 18.389 orang (terdiri dari 8.275 wanita dan 1.113 pria)
Mhs. Internasional : 6.436 orang
Alumni : Universitas telah mendidik banyak alumni terkenal, termasuk matematikawan terkemuka, ilmuwan, politisi, pengacara, filsuf, penulis, aktor, dan Kepala Negara Asing. Pada 2017, 116 Pemenang Hadiah Nobel, 10 Bidang Peraih Medali, 6 pemenang Penghargaan Turing dan 15 Perdana Menteri Inggris telah berafiliasi dengan Cambridge sebagai mahasiswa, fakultas atau alumni. 
Catatan : - University of Cambridge (Universitas Cambridge) adalah universitas riset publik di Cambridge, Inggris yang didirikan pada tahun 1209 dan diberikan Piagam Kerajaan oleh King Henry III pada 1231. Cambridge juga merupakan universitas berbahasa Inggris tertua kedua di dunia dan universitas tertua keempat tertua di dunia. Universitas berkembang karena asosiasi para pemuka agama di sekitarnya  meninggalkan Universitas Oxford setelah berselisih dengan penduduk kota.
Belakangan, bersama Oxford University yang sama-sama lahir di abad pertengahan sering disebut juga sebagai “Oxbridge”. 
    - Cambridge dibentuk dari berbagai institusi yang mencakup 31 konstituen Kolese dan lebih dari 100 departemen akademik yang diorganisasikan ke dalam enam sekolah. Cambridge University Press, adalah penerbit tertua di dunia yang dikelola oleh pihak universitas dan pers universitas terbesar kedua di dunia. Universitas ini juga mengoperasikan delapan museum budaya dan ilmiah, termasuk Museum Fitzwilliam, serta kebun raya. Sedangkan perpustakaan Cambridge memiliki total sekitar 15 juta buku koleksi. Delapan juta di antaranya ada di Perpustakaan Universitas Cambridge, perpustakaan fakultas hukum.
    - Tahun lalu, University of Cambridge berhasil menghimpun dana sebesar 1,64 miliar poundsterling. Dimana dana sebesar £ 462 juta berasal dari hibah dan kontrak penelitian. Total dana abadi yang dimiliki Universitas Cambridge adalah £ 6,3 miliar. Untuk perguruan tinggi non-Amerika, Cambridge merupakan sekolah yang menerima dana hibah terbesar di dunia. Nama Cambridge tidak bisa dilepaskan dari sebuah proyek pengembangan kelompok pengusaha berteknologi tinggi atau biasa disebut juga “Silicon Fen”. 
Sumber foto : cam.ac.uk

Nama : California Institute of Technology
Alamat : 1200 East California Blvd, Pasadena, CA 91125
Negara : Amerika Serikat
Didirikan : Tahun 1891
Jml.  Mahasiswa : 2.209 orang (terdiri dari 685 wanita dan 1.564 pria)
Mhs. Internasional : 5.96 orang
Alumni : Ada Carl D. Anderson, Edwin McMillan, Leo James Rainwater dan Douglas D. Osherof yang sudah memenangkan Nobel, Narendra Karmakar pencipta algoritma Karmakar, C. Gordon Fullerton pengemudi misi luar angkasa ketiga, Astronot Harrison Schmit yang pernah jalan-jalan di bulan, Mustafa AG Abushagur (PhD 1984) Wakil Perdana Menteri Libya dan masih banyak lagi.
Catatan : - Institut Teknologi California (Caltech) adalah universitas riset  swasta yang berlokasi di Pasadena, California, Amerika Serikat. Dikenal karena kekuatannya dalam ilmu alam dan teknik, Caltech sering digolongkan sebagai salah satu dari sepuluh universitas terbaik dunia.  Didirikian oleh Amos G. Throop pada 1891, semula tujuannya agar dapat menjadi sekolah persiapan dan kejuruan. Tetapi pada pada 1921 pun dibubarkan. Sebagai gantinya maka berdirilah Caltech, salah satu diantara institute teknologi di Amerika yang mengkhususkan diri pada pengajaran ilmu murni dan terapan.
    - Caltech yang memilikikeahlian dalam bidang bidang roket dan fisika nuklir, pada tahun 1951, dipilih untuk menjadi tuan rumah bagi sebuah studi rahasia dari federal. Proyek ini merupakan upaya peningkatan keamanan nasional dan sebagai tanggapan  terhadap perang Korea dan upaya menjawab tekanan Uni Sovyet.  Studi dengan sandi Vista del Arroyo Hotel ini dibiayai Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara Amerika Serikat dibawah pengawasan langsung Presiden Caltech Lee A. DuBridge.  Pada era DuBridge inilah Caltech mengalami perkembangan pesat. Fakultasnya bertambah dua kali lipat dengan luas kampus bertambah tiga kali lipat. Bidang penelitian baru pun dikembangkan, termasuk bilogi kimia, ilmu planet, astrofisika nuklir dan geokimia.
    - Caltech memiliki enam divisi akademis dengan penekanan kuat dalam pengajaran dan penelitian sains dan teknologi. Ketatnya saringan masuk Caltech, memastikan bahwa hanya sejumlah kecil siswa yang paling berbakat yang diterima. Hasil-hasil penelitian berkualitas tinggi dihasilkan para ilmuwan alumni Caltech.  Di Caltech, dosen dan mahasiswa memang mencari jawaban atas pertanyaan rumit, menemukan pengetahuan bari, memimpin inovasi dan mengubah masa depan.  Seperti lelucon mereka, dengan komputernya merubah simbol “Holywood” dan menggantinya dengan “Caltech”.
Sumber foto : caitech.edu

Nama : Harvard University
Alamat : Cambridge Hall, Cambridge,  Massachusetts 02138
Negara : Amerika Serikat
Didirikan : 8 September 1636
Jml.  Mahasiswa : 20.324 orang
Mhs. Internasional : 5.285 orang
Alumni : 48 Pemenang Hadiah Nobel, 32 Kepala Negara dan 48 Pemenang Hadiah Pulitzer. Lalu ada mahasiswa harvard yang drop-out seperti: miliarder Bill Gates dan Mark Zuckerberg, aktor Matt Damon, dan raja penerbit William Randolph Hearst.
Catatan : - Harvard adalah lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat. Didirikan pada 1636 berdasarkan hasil pemungutan suara yang dilaksanakan oleh Pengadilan Umum Massachusetts Bay Colony.  Nama Harvard sendiri diambil dari seorang donatur pertama yang memberikan donasinya kepada pihak universitas, yakni menteri muda John Harvard dari Charlestown, yang setelah kematiannya pada tahun 1638 mewariskan perpustakaannya serta setengah tanahnya ke lembaga tersebut. Sebuah patung John Harvard berdiri di depan Balairung Universitas di Harvard Yard, dan mungkin merupakan landmark Universitas yang paling terkenal.
    -  Terletak di Cambridge, Massachusetts, Harvard telah melakukan tradisi kualitas emas dan prestise yang berkualitas selama hampir empat abad. Mahasiswa Harvard yang datang setiap negara bagian di Amerika dan 80 negara lainnya yang secara resmi terdaftar di Harvard College, dapat memilih salah satu dari 45 konsentrasi program tersedia. Ia juga bisa memanfaatkan peluang penelitian yang tak terhitung jumlahnya, atau meneliti buku-buku di Perpustakaan Harvard.  Perpustakaan akademik yang terbesar di dunia.
    - Saat ini Universitas Harvard memiliki 360.000 alumni yang tinggal di Amerika Serikat dan 190 negara lainnya di dunia. Disamping mengelola universitas yang sangat luas, Pihak universitas juga menunjuk tim khusus untuk mengelola kepemilikan property dan real estate yang menjadi investasi pihak universitas. Diantaranya, Allston Doubletree Hotel, The Inn di Harvard dan Harvard Square Hotel serta real estate komersil di Cambridge dan Allston. Uniknya, antara tahun 2014-2016, pihak Harvard University melaporkan statistik kejahatan untuk kampus Cambridge utamanya yang mencakup 141 pelanggaran seksual paksa, 33 perampokan, 46 serangan yang diperburuk, 151 pencurian, dan 32 kasus pencurian kendaraan bermotor.
Sumber foto : harvard.edu

Nama : Stanford University
Alamat : 450 Serra Mall, Stanford, CA 94305
Negara : Amerika Serikat
Didirikan : Tahun 1891
Jml.  Mahasiswa : 15.845 orang (terdiri dari 6.655 wanita dan 9.190 pria)
Mhs. Internasional : 3.486 orang
Alumni : Phil Knight adalah pendiri dan ketua Nike, Inc., Sergey Brin dan Lawrence Page pendiri Google, Reid Hoffman pendiri Linkedln, Steve Ballmer CEO Microsoft, Marissa Mayer CEO Yahoo! , Yukio Hatoyama perdana menteri Jepang. Herbert Hoover Presiden ke-31 Amerika Serikat, Susan Rice Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat, David Chase penulis, sutradara dan produser tv Amerika yang menyabet tujuh Emmy Award.
Catatan : - Leland Stanford Junior University, yang lazim dikenal sebagai Universitas Stanford (atau Stanford saja), adalah universitas swasta yang berada di Santa Clara, sekitar 60 km tenggara San Fransisco. California, Amerika Serikat. Tepat di jantung Lembah Silicon. Stanford menawarkan 7 departemen dan memiliki sebuah rumah sakit pendidikan.  Moto resmi Stanford adalah "Die Luft der Freiheit weht." Yang berarti "Angin kebebasan berhembus."
    - Didirikan oleh Gubernur, Senator dan Pimpinan Partai Republik serta raja kereta api Leland Stanford  beserta istrinya Jane Stanford. Sedangkan nama Leland Stanford diambil dari nama anak mereka, Leland Stanford Jr. yang meninggal dunia karena tipus beberapa hari menjelang perayaan ulang tahunnya yang ke-16. Agar nama anaknya ini abadi, maka suami-istri Stanford ini mengunjungi Presiden Harvard University dan beberapa universitas besar lainnya di Amerika untuk mengumpulkan ide  serta meminta saran-saran cara memulai mendirikan universitas.
    - Pada tahun ajaran 2017-2018, Stanford mengelola dana US$ 6,3 miliar atau bila kurs US$ 1 = Rp 13.500, nilainya setara dengan Rp 85 triliun untuk keperluan operasisonal dan hal-hal yang bersifat mendukung pengajaran, beasiswa dan penelitian serta biaya Laboratorium Akselerator Nasional SLAC serta anggaran perawatan kesehatan serta rumah sakit. Pihak universitas sendiri memiliki dana abadi yang per 31 Agustus 2017, nilainya sebesar  US$ 24,8 miliar atau setara dengan Rp 335 triliun. Setiap tahun ada sekitar 8.000 donatur yang menyumbang dana operasional tahunan.  Seluruh pendanaan dikelola oleh The Stanford Management Company yang langsung dibawah pengawasan dewan universitas.
Sumber foto : stanford.edu

Nama : Massachusetts Institute of Technology (MIT)
Alamat : 77 Massachusetts Ave, Cambridge, MA 02139
Negara : Amerika Serikat
Didirikan : 10 April 1861
Jml.  Mahasiswa : 11.177 orang (terdiri dari 4.135 wanita dan 7.042 pria)
Mhs. Internasional : 3.800 orang
Alumni : Astronot Apollo 11 Buzz Aldrin, Fisikawan astronot Ronald McNair, Mantan Sekjen PBB Kofi Annan, Gubernur Bank Federal Reserve Ben Bernanke, Pemenang Nobel Fisika Richard Feynman, Pemenang Nobel Ekonomi Paul Krugman, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Arsitek I. M. Pei, Mantan CEO General Motors Alfred P. Sloan.
Catatan : - Universitas Massachusetts Institute of Technology (MIT) merupakan universitas teknologi dan riset swasta terbaik di dunia. Berlokasi di kota Cambridge, Boston, Amerika Serikat yang didirikan oleh William Barton Rogers, seorang scientist yang meyakini kalau kompetensi profesional dapat diraih melalui pengajaran dan melakukan penelitian dengan focus perhatian pada dunia nyata. Atas dasar keyakinan itulah, akhirnya MIT lahir untuk menjawab kemajuan teknologi serta industri yang sedang berkembang di Amerika Serikat.
    - Visi dan Misi MIT adalah memajukan pengetahuan dan mendidik siswa di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang akan melayani bangsa dan dunia di abad ke-21. Komitmen untuk menghasilkan, menyebarkan, dan melestarikan ilmu pengetahuan, juga bekerjasama dengan institusi pendidikan lain demi menghadapi tantangan-tantangan besar di dunia. Dengan moto “Mens et Manus” atau “Pikiran dan Tangan”, MIT didirikan agar para pelajar dan mahasiswanya memiliki semangat dalam bekerja dengan bijaksana, kreatif dan efektif demi kemajuan umat manusia.
    - MIT memiliki 5 kampus dan 1 program kerjasama dengan 32 departemen yang mengukhususkan diri pada bidang sains dan teknologi. MIT menawarkan 44 gelar sarjana dan 9 program gelar pasca sarjana. Sedangkan prestasi yang diraih oleh MIT adalah 81 nobel, 52 ilmuwan peraih National Meda of Science, 45 orang peraih Rhodes Scholars, 38 orang peraih MacArthur Fellows dan 59 anggota komunitas Massachusetts Institute of Technology telah meraih penghargaan Nobel. 
Sumber foto : web.mit.edu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×