kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

ASII telah jual 398,995 mobil sampai Agustus


Kamis, 21 September 2017 / 21:02 WIB
ASII telah jual 398,995 mobil sampai Agustus


Reporter: Nisa Dwiresya Putri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Selama delapan bulan pertama di 2017, PT Astra International Tbk (ASII) catat penjualan mobil (wholesales) sebesar 398,995 unit. ASII pun saat ini menguasai 56% pangsa pasar. Seiring data penjualan kendaraan nasional, ASII melihat Jawa Timur menjadi pasar yang potensial setelah Jakarta dan Jawa Barat.

Kepada KONTAN.co.id, Rabu (20/9), Head of Investor Relation ASII Tira Ardianti bilang, year-to-date Agustus 2017, ASII mencatat kenaikan penjualan mobil sebesar 9% dibandingkan periode sama tahun lalu. Menurutnya dalam periode Januari-Agustus 2017, ASII telah membukukan penjualan mobil sebanyak 398,995 unit

Tira melanjutkan, saat ini penguasaan pangsa pasar alias market share ASII adalah sebesar 56%. Hal ini tercermin pula dalam data penjualan mobil Nasional. “Market sendiri wholesales y-t-d Agustus 2017 meningkat 3,6% menjadi 715,291 unit,” tambah Tira.

Meski mengalami kenaikan, penjualan mobil ASII saat Juni dan Juli nyatanya tak begitu mentereng. Yang mana, waktu tersebut berdekatan dengan momen Lebaran. “Kalau kita lihat Juni dan Juli trend permintaan flat meskipun ada efek Lebaran tahun ini,” jelas Tira.

Adapun kedepannya, Tira belum menyebutkan angka pasti target penjualan mobil ASII. Namun, ia menegaskan bahwa ASII tentunya ingin mempertahankan market share yang saat ini sudah digenggaman.

Sebagai informasi, Tira menambahkan bahwa tahun 2017 ini proyeksinya angka penjualan mobil nasional masih akan berada di kisaran 1,1 juta unit. Jika ASII tetap menguasai sekitar 56% pangsa pasar, maka di akhir tahun nanti setidaknya ASII harus bisa menjual sekitar 616 ribu unit mobil.

Pasar Jawa Timur

Dalam ajang pameran otomotif GIIAS Surabaya 2017, Gaikindo membeberkan data penjualan kendaraan di Indonesia. Menurut Ketua III Gaikindo Rizwan Alamsyah penjualan kendaraan bermotor mencapai 715.291 unit pada Agustus 2017 (year-to-date).

Jumlah tersebut lebih tinggi 3,5% dibandingkan periode sama tahun lalu. "Jawa Timur menduduki peringkat ketiga penjualan otomotif terbesar secara nasional, dengan jumlah sebesar 7%," ujar Rizwan.

Hal ini cukup meyakinkan pelaku industri otomotif bahwa Jawa Timur menjadi wilayah yang potensial untuk memasarkan produk mereka.

ASII sendiri juga membenarkan hal tersebut. Head of Investor Relation ASII Tira Ardianti bilang Jawa Timur menjadi wilayah ketiga untuk ranking penjualan mobil terbanyak oleh ASII. Namun, Tira juga tak bisa merinci secara detail, seberapa besar penjualan mobil di wilayah tersebut.

“Kalau keseluruhan, penjualan mobil Astra Jatim di urutan ketiga, setelah Jakarta dan Jabar. Hanya saja Jakarta dan Jabar kadang sering bertukar posisi antara di urutan 1 dan 2,” ujar Tira. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×