kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

China bidik proyek kereta super Amerika


Rabu, 22 Oktober 2014 / 10:10 WIB
China bidik proyek kereta super Amerika
ILUSTRASI. Simak jadwal masa penawaran SBN ritel Sukuk Tabungan (ST010) dan bunga yang ditawarkan


Sumber: Reuters | Editor: Dessy Rosalina

SHANGHAI. China terus membuktikan diri sebagai negara super di bidang ekonomi. Aksi terbaru, produsen kereta cepat pelat merah, China CNR Corporation, berambisi mengekspor kereta ke pasar Amerika Serikat (AS). Unit bisnis CNR, Tangshan Railway dan SunGroup USA, berkongsi membidik proyek kereta cepat senilai US$ 68 miliar di California, AS.

Proyek ini mencakup pembuatan 95 unit rangkaian kereta super yang mampu berjalan 354 kilometer per jam (kph). "Produk kereta cepat China ini sangat berkualitas. Kami optimistis bisa menjual kereta di pasar global," ujar Jonathan Sun, Jurubicara SunGroup kepada Reuters, Senin (20/10).

CNR, Tangshan Railway dan SunGroup, akan memasukkan proposal kepada California High Speed Railway Authority hingga batas waktu 22 Oktober nanti. Namun, CNR tidak sendirian. Sejumlah korporasi dari Jepang dan Spanyol bakal turut membidik proyek tersebut.

Sun menyatakan, konsorsium China bakal menawarkan kereta model CRH380BL. Ini adalah kereta super yang digunakan di jalur Beijing-Shanghai dengan kecepatan mencapai 380 kph.

Bangun pabrik kereta

Tahap awal, California berpotensi memesan 18 unit-20 unit kereta. "Kami akan membangun pabrik di  California, sesuai aturan regulator AS, jika memenangkan kontrak seluruh pembuatan kereta," ujar Sun. Konsorsium China juga membidik proyek pembangunan jalur kereta California. "Kami ingin membangun proyek kereta secara terintegrasi," imbuh Sun. Saat ini, jalur kereta pertama telah dibangun oleh konsorsium yang dipimpin oleh Tutor Perini. 

Kompetitor yang mengincar proyek jalur kedua adalah Dragados dan Samsung. Yang pasti, Pemerintahan California sudah lama berniat melibatkan investor China. Di sepanjang tahun 2014, California High Speed Railway Authority menyediakan anggaran untuk membeli 70 kereta cepat senilai US$ 45 juta per unit. 

Catatan saja, ini adalah kali pertama bagi perusahaan China mengekspor kereta. Pemerintah China sendiri getol menjual kereta ke pasar global. Li Keqiang, Perdana Menteri China, bahkan dijuluki sebagai penjual kereta oleh media China. China mempromosikan kereta pabrikan China ke Thailand, Inggris, Rusia dan India.

Satu dekade terakhir, China telah membangun 12.000 kilometer jalur kereta.  CNR dan CSR Corp merupakan produsen kereta terbesar. Sementara, China Railway Construction dan China Railway Group membangun jalur kereta.              




TERBARU

[X]
×