kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Comcast dan Disney berebut aset media Fox


Jumat, 25 Mei 2018 / 13:22 WIB
Comcast dan Disney berebut aset media Fox
ILUSTRASI. The 21st Century Fox


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Comcast Corp rupanya juga mengincar aset media milik Twenty First Century Fox. Bahkan operator televisi kabel terbesar Amerika Serikat (AS) tersebut  bersiap menyodorkan penawaran yang lebih menggiurkan untuk Fox.

Penawaran Comcast bakal lebih tinggi dari Walt Disney Co yang juga mengajukan diri untuk membeli aset media Fox seharga US$ 52 miliar. Comcast  menyatakan pihaknya dalam tahap lanjutan dalam menyiapkan penawaran.

Comcast menganggap proposalnya akan lebih unggul dibandingkan penawaran dari Disney. Sebab Comcast akan membeli aset media Fox secara tunai, berbeda dengan Disney yang menawar dalam bentuk saham. "Meskipun tidak ada keputusan akhir yang dibuat, membiayai penawaran dalam bentuk tunai akan membuat kemajuan besar," tulis Comcast seperti dikutip Reuters.

Comcast memberi tekanan pada Fox dan pemegang sahamnya untuk tidak terburu-buru menyetujui proposal dari Disney. Pemegang saham Fox akan memberikan suara atas penawaran Disney di akhir musim panas ini. Namun tanggalnya belum dapat ditetapkan.

Menurut para ahli pajak, keluarga taipan media Rupert Murdoch yang memiliki 17% saham Fox akan menghadapi tagihan pajak keuntungan miliaran dollar AS jika menerima penawaran dalam bentuk tunai dari Comcast.

Namun pemegang saham Fox lainnya, TCI Fund Management menulis kepada Murdoch pada Rabu (23/5), bahwa anggota direksi Fox harus menjalankan lelang secara adil dan menjual ke penawar dengan harga tertinggi.

"Jika Comcast memastikan penawaran secara tunai memang yang unggul, kami akan mendukung tawaran tersebut dibanding penawaran dari Disney," kata pendiri TCI Christopher Hohn. TCI memiliki 7,4% saham Fox.

Sumber yang mengetahui soal ini mengatakan kepada Reuters, awal bulan ini, mengatakan Comcast sedang mencari pendanaan uang tunai senilai US$ 60 miliar untuk membeli aset Fox. Fox dan Disney menolak berkomentar menganai hal ini.

Jeffrey Logsdon, analis JBL Advisors mengatakan, Comcast tampaknya berniat memenangkan atas penawaran aset media Fox. "Persaingan sering dapat mendorong harga ke tingkat yang tidak ekonomis," kata Logsdon.

CEO Comcast Brian Roberts mengatakan pihaknya akan melanjutkan penawaran atas aset media Fox, jika hakim federal  AS mengizinkan rencana akuisisi AT & T Inc atas Time Warner Inc. Dalam keterbukaan informasi Comcast mengajukan penawaran tunai aset Fox senilai US$ 34,41 per saham. Harga itu setara dengan  US$ 64 miliar.




TERBARU

[X]
×