kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dibanderol mulai Rp 163 juta, Datsun CROSS panaskan pasar city car


Kamis, 18 Januari 2018 / 21:13 WIB
Dibanderol mulai Rp 163 juta, Datsun CROSS panaskan pasar city car
Peluncuran Datsun Cross


Reporter: Eldo Christoffel Rafael | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Datsun resmi memperkenalkan compact crossover Datsun CROSS. Ini merupakan model ketiga yang diperkenalkan oleh brand ini di Indonesia dan model baru Datsun keenam di dunia.

Mobil ini akan diproduksi di pabrik Nissan/Datsun di Purwakarta, Jawa Barat. Mobil ini akan ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 163 juta. Informasi detail tentang harga dan varian akan tersedia menjelang awal penjualan. Dijadwalkan pengiriman pertama model ini direncanakan di Maret.

Yutaka Sanada, Regional Senior Vice President, Nissan Motor Co., Head – Nissan Group of Asia & Oceania menjelaskan ini jadi langkah strategi group Nissan di ASEAN.

Mengingat ditargetkan ada pertumbuhan penjualan grup Nissan sebesar 28% di level Asia Tenggara. "Indonesia jadi pasar penting karena sepertiga penjualan Datsun ada di Indonesia," jelas Yutaka, Kamis (18/1).

“Ketika Datsun kembali ke pasar Indonesia, kami berjanji akan memberikan tiga model dalam tiga tahun. Datsun CROSS yang baru ini merupakan komitmen kami akan janji tersebut,” kata Jose Roman, Corporate Vice President, Nissan Motor Co., Global Head of Datsun.

Jose Roman, Corporate Vice President, Nissan Motor Co., Global Head of Datsun menjelaskan ada kemungkinan yang bagus untuk diekspor.

Tapi belum ada kepastian konfirmasi dari global. "Datsun CROSS adalah mobil baru untuk generasi baru – mobil yang mendorong Datsun selangkah lebih maju daripada pesaingnya," jelas Jose.

Sayangnya target penjualan belum dibeberkan oleh Datsun. Tapi ini model ini jadi penting karena ini jadi model pertama Datsun yang punya transmisisi otomatis.

Selain varian dengan transmisi manual, Datsun CROSS juga menawarkan X-Tronic CVT (continuously variable transmission). Diperkenalkan untuk pertama kalinya dalam produk Datsun, teknologi CVT.

Datsun CROSS digerakkan oleh mesin bensin HP 1,2 liter 68/78 hp ringan dan sangat tanggap, serta torsi 104 Nm sehingga mendapatkan keseimbangan yang sempurna antara kinerja yang bertenaga dan penghematan bahan bakar.

Pesaing di kelas sama yakni Kia Picanto. Harry Yanto, Marketing and Business Development Manager PT Kia Mobil Indonesia (KMI) menjelaskan untuk Picanto pihaknya masih belum bisa tentukan target penjualan.

Karena masih sedang di hitung market opportunity dan harganya. "Kita berharap penjualannya bisa lebih baik dari tahun lalu," ujar Harry kepada KONTAN, Kamis (18/1).

Yang jelas tahun ini KMI tak akan tinggal diam untuk mengeluarkan model baru. Rencananya ada model penyegaran (facelift) yang akan diluncurkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×