kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonomi China diprediksi tumbuh sesuai target


Kamis, 29 September 2016 / 08:58 WIB
Ekonomi China diprediksi tumbuh sesuai target


Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Sanny Cicilia

BEIJING. Ekonomi China masih menggeliat. Riset terbaru China Academy of Social Sciences (CASS) memprediksi pertumbuhan ekonomi China di kuartal IV-2016 sebesar 6,6%. Dengan prediksi tersebut, maka total pertumbuhan China selama setahun penuh bakal sebesar 6,7%.

Ini mengindikasikan, target pertumbuhan ekonomi Pemerintah China tahun 2016 di kisaran 6,5%-7% bakal terwujud. "Pertumbuhan ekonomi di kuartal IV kemungkinan sedikit lebih rendah, namun tetap berada pada kisaran yang normal dan stabil," terang Wang Hongju, peneliti senior CASS, seperti diberitakan Reuters, Rabu (28/9).

Target tersebut diungkapkan Wang dengan mengemukakan sejumlah syarat. Diantaranya konsumsi lokal ada dalam posisi yang stabil, reformasi suplai barang; memperkuat keberlanjutan pembangunan ekonomi dan mengatasi risiko tersembunyi untuk menjaga pertumbuhan pada kecepatan yang wajar.

Wang menambahkan, pertumbuhan ekonomi China di kuartal IV akan dipengaruhi oleh faktor kapasitas produksi dan utang. Sebagai catatan, pada Agustus 2016 utang China masih tumbuh lebih dari dua kali lipat dari bulan sebelumnya yang ditopang permintaan kredit pemilikan rumah (KPR) yang kuat.

Sementara pendorong pertumbuhan ekonomi di negeri Tembok Besar ini masih tetap ditopang oleh sektor infrastruktur, properti, serta investasi swasta.

CASS menyebutkan, pada kuartal IV nanti indeks harga konsumen atawa consumer price index (CPI) akan meningkat ke level 2,1% atau lebih tinggi dari akhir Agustus 2016 lalu yang berada di posisi 1,3%. Jika disetahunkan, CASS menyebut inflasi China tahun ini akan sekitar 2%.

Mengutip The Sydney Morning Herald, Selasa (27/9), indikator pertumbuhan ekonomi China terus menunjukkan tanda-tanda positif. Hingga September 2016, aktivitas pabrik misalnya, melonjak ke level tertinggi dalam dua tahun terakhir.

Indeks manufaktur China melonjak ke level 50,2 di pekan pertama September 2016. Posisi indeks manufaktur di atas level 50 ini terjadi untuk pertama kalinya sejak November 2014. Analis memperkirakan purchasing managers index (PMI) China pada bulan September ini akan stabil bertengger di level 50,4, dan menjadi posisi tertinggi dalam dua tahun terakhir.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×