INTERNASIONAL
Berita
Emas diobral! Siprus jual cadangannya

CADANGAN EMA SIPRUS

Emas diobral! Siprus jual cadangannya


Telah dibaca sebanyak 4244 kali
Emas diobral! Siprus jual cadangannya

NICOSIA. Berdasarkan dokumen yang dirilis oleh Komisi Eropa, pemerintah Siprus berencana untuk menjual seluruh cadangan emasnya untuk mendapatkan dana segar. Jika dihitung, nilai total cadangan emas Siprus bernilai 400 juta euro. Langkah Siprus ini menandakan penjualan emas terbesar di zona Eropa dalam empat tahun terakhir.

Meskipun rencana bank sentral zona Eropa untuk melepas cadangan emasnya demi memenuhi kebutuhan finansial akan menemui hambatan, namun langkah Siprus akan menjadi fokus negara Eropa lain yang terlilit utang besar namun memiliki cadangan emas, untuk menjual cadangannya.

Rencana penjualan yang akan dipersiapkan oleh Komisi Eropa ini akan menjadi penjualan emas terbesar oleh bank sentral di Eropa sejak Prancis melego 17,4 ton emas mereka pada paruh pertama 2009 lalu.

"Jumlah emas yang akan dijual tidak terlalu besar, sekitar 10 ton. Kami sudah pernah melihat emas sebesar itu diperdagangakan keluar dari exchange traded funds setiap pekannya pada tahun ini," jelas Matthew Turner, Macquarie metals analyst.

Jika dihitung berdasarkan harga saat ini, 400 juta euro setara dengan 10,36 ton emas. Namun, data World Gold Council menyebut, total cadangan emas Siprus mencapai 13,9 ton pada akhir Februari 2013.

Editor: Barratut Taqiyyah
Sumber: CNBC
Telah dibaca sebanyak 4244 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Simak sektor mana saja yang prospektif!

    +

    Sejak awal tahun hingga 22 September 2014, saham-saham sektor perbankan memberikan return terbesar.

    Baca lebih detail..

  • Meramal gerak IHSG setelah rekor

    +

    Analis berbeda pendapat soal prospek kinerja IHSG ke depannya.

    Baca lebih detail..