Gempa bermagnitudo 5,5 guncang Tapanuli Selatan

Jumat, 14 Juli 2017 | 14:50 WIB Sumber: Kompas.com
Gempa bermagnitudo 5,5 guncang Tapanuli Selatan


MEDAN. Gempa bumi bermagnitudo 5,5 mengguncang Kabupaten Tapanuli Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Gempa terjadi pada Jumat (14/7/2017) pada pukul 08.25 WIB.

Kabid Data dan Informasi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah 1 Medan Syahnan mengatakan, gempa tersebut berpusat di 1,37 derajat lintang utara dan 99,19 derajat bujur timur. Sedangkan lokasi gempa tersebut berada 10 KM di bawah permukaan tanah dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Secara teritorial, lokasi gempa berada 9 KM barat daya Kota Padang Sidimpuan, 54 KM barat daya Kabupaten Padang Lawas Utara, atau 253 KM tenggara Kota Medan.

BMKG Wilayah 1 Medan belum menerima laporan mengenai kerusakan akibat gempa berkekuatan 5,5 SR tersebut.

Sementara itu, dikutip dari Tribun Medan, Jumat, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, gempa membuat panik warga yang tinggal di Padangsidimpuan. Gempa dirasakan selama 10 hingga 20 menit.

"Gempa dengan kekuatan cukup besar dirasakan warga sekitar pukul 08.25 WIB tadi. Saat gempa terjadi, banyak warga yang berhamburan keluar rumah," kata Sutopo.

Berdasarkan pantauan di lapangan, gempa ini tidak menimbulkan tsunami dan berasal dari sesar.

"Belum ada laporan korban jiwa sampai sejauh ini. Namun, ketika gempa terjadi, atap dan dinding serta perabotan rumah warga bergetar cukup kencang," ujar Sutopo.

Dia juga mengatakan, gempa terasa hingga ke kawasan Padanglawas, Padanglawas Utara, dan Kabupaten Rokanhulu, Riau.

"Kepada masyarakat kami imbau untuk tetap tenang. Bagi rekan-rekan media, informasi susulan menyangkut bencana ini akan kami sampaikan jika semua data sudah terkumpul di lapangan," kata Sutopo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dessy Rosalina

Terbaru