kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Google Indonesia targetkan jaring 10 juta pelaku UKM


Kamis, 09 Agustus 2018 / 15:33 WIB
Google Indonesia targetkan jaring 10 juta pelaku UKM
ILUSTRASI. Kerja sama dengan Google Indonesia untuk dukung UKM


Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Agung Jatmiko

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Google targetkan menjaring 10 juta usaha kecil menengah (UKM) yang masuk dalam layanan Google Bisnis hingga 2020 mendatang. Adapun saat ini Google telah menjaring 1 juta UKM sejak awal pemberian latihan pada 2015.

Veronika Utami, Head of Marketing Google Indonesia menyebutkan bahwa saat ini terus upayakan menjaring UKM untuk masuk dalam dunia teknologi untuk mengembangkan bisnisnya. Ia menjelaskan dengan Gapura memungkinan bisnis ditampilkan pada mesin pencarian google.

Menurutnya hal tersebut juga menjadi simbiosis mutualisme. “Sebab banyak yang mencari bisnis melalui google,” ujarnya. Sayangnya, ia tidak menjelaskan keuntungan yang didapat dari hal tersebut.

Veronika juga mengklaim bahwa para pelaku industri kecil menengah ini bisa catatkan pertumbuhan mencapai 80%. Karenanya, ia berupaya sampai 2020 Google Indonesia dapat menjaring sampai 10 juta UKM. “Targetnya bisa mencapai 8 juta – 10 juta pelaku UKM,” ujarnya.

laim tersebut juga diamini salah satu pelaku industri kecil menengah, Iqmaludin Aziz. Ia mulai kegiatan pelatihan yang diberikan selama 1 tahun. Ia bilang bahwa pelatihan tersebut tidak ada biayanya alias gratis. Semenjak mengikuti pelatihan bisnis raftingnya yang berada di Pemalang meningkat pesat mencapai 200% baik omzet ataupun pengunjung.

Putri Alam, Head of Policy Google Indonesia juga menambahkan bahwa bisnis dengan pemasaran digital dapat melakukan ekspor dengan kemungkinan besar. “Kemungkinannya empat kali lebih besar dibandingkan yang mengandalkan gerai,” tuturnya. Menurutnya hal tersebut sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah yang menargetkan ekonomi berbasis digital terbesar di Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×