kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Google mengungkap prototipe mobil tanpa pengemudi


Rabu, 28 Mei 2014 / 12:55 WIB
Google mengungkap prototipe mobil tanpa pengemudi
ILUSTRASI. Macam-Macam Diet Sehat yang Bisa Anda Lakukan di Tahun 2023. Dok by extractjuiceandsaladbar


Sumber: Reuters | Editor: Sanny Cicilia

CALIFORNIA. Ambisi Google Inc mengembangkan mobil tanpa pengemudi makin besar. Di tahun ini, Google berencana membuat 100-200 prototipe driveless cars untuk dikembangkan lebih lanjut oleh berbagai perusahaan hardware dan software.

Sergey Brin, salah satu pendiri Google dan pemimpin laboratorium Google X berharap, kendaraan ini sudah bisa melaju di jalanan dalam beberapa tahun mendatang.

Prototipe driveless cars ini berupa mobil listrik kecil, dengan dua kursi penumpang. Bagian depan mobil selebar 2 kaki atau 61 cm terbuat dari busa, sedangkan kaca depannya terbuat dari plastik alih-alih kaca agar lebih aman.

Sejauh ini, mobil swatantra atau autonomous yang dikembangkan memiliki kecepatan maksimal 25 mil (40 km) per jam. Namun, Google tak menutup kemungkinan untuk dikembangkan sampai 100 mil per jam, begitu tingkat keamanannya sudah terbukti.

Brin bilang, mobil ini tetap dilengkapi kursi pengemudi dan bisa dikendalikan manual. Namun, di situasi tertentu, benar-benar bisa dioperasikan tanpa pengemudi.

Nantinya, mobil ini juga bisa beroperasi sebagai jasa transportasi, mendatangi penumpang sesuai permintaan, dan beroperasi seperti kereta api yang saling terkoneksi.

Google akan mencari mitra untuk mengembangkan prototipe ini. "Dalam beberapa tahun mendatang, saya harap mobil ini bisa mencapai metrik keamanan dan jauh lebih aman ketimbang pengemudi manusia. Sehingga kami akan segera mengujinya tanpa pengemudi dan diharapkan bisa mulai dioperasikan di beberapa kota tertentu," kata Brin dalam konferensi internet Code, Selasa (27/5).

Mobil tanpa pengemudi ini merupakan proyek yang dikembangkan Google X. Laboratorium Google ini juga mengembangkan proyek robotik, elevator luar angkasa, sampai memasukkan otak Android ke berbagai perabot rumah tangga.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×