: WIB    --   
indikator  I  

Hampir bangkrut, kerajaan bisnisnya kian cling (3)

Hampir bangkrut, kerajaan bisnisnya kian cling (3)

Vijay Shekhar Sharma dianugerahi otak cemerlang. Namun dalam bisnis, Vijay pun harus menelan pil pahit jatuh bangun mendirikan usaha. One97 Communications, perusahaan teknologi yang didirikan bersama mantan teman-teman kuliahnya, sempat terancam bangkrut. Berbekal duit pinjaman dari keluarga, Vijay kembali menghidupkan bisnis One97 Communications. Lewat upaya lebih keras, One97 Communications kini menjadi mesin uang yang andal.

Vijay Shekhar Sharma kini menyandang status miliarder di usia yang masih terbilang muda, yakni 38 tahun. Meski memiliki bakat istimewa sejak kecil, rupanya ia juga tak luput dari masa-masa suram, yang kian mempertajam mental bisnisnya di kemudian hari.

Setelah lulus dari perguruan tinggi, Vijay bekerja pada Intersolutions, anak usaha Lotus Networks. Hanya bertahan satu tahun, dia lantas memutuskan mengundurkan diri dari perusahaan tersebut pada akhir tahun 2000.

Cita-cita menjadi pebisnis teknologi diwujudkan pada tahun 2001, saat Vijay mendirikan One97 Communications bersama mantan teman kampusnya. Jalan tak selalu mulus, hanya dalam tempo satu tahun, One97 Communications terlilit masalah keuangan dan nyaris bangkrut.

Disaat kondisi sulit, teman-teman yang bergabung merintis  One97 Communications justru satu persatu keluar hingga tinggal menyisakan Vijay seorang diri. Dalam kondisi sulit, tak jarang Vijay menahan rasa lapar, karena tak punya uang. Tak jarang juga dia berjalan kaki hanya untuk menghemat pengeluaran.

Melihat penderitaan sang anak, ayah Vijay meminta putranya kembali bekerja di perusahaan milik orang lain. Vijay tunduk, dan akhirnya menjadi konsultan di Startec Global Communications.


Reporter Tendi Mahadi

VIJAY SHEKHAR SHARMA

Feedback   ↑ x