Indarto Pamoengkas bercocok tanam dan bersyukur

Sabtu, 23 September 2017 | 09:55 WIB   Reporter: Klaudia Molasiarani
Indarto Pamoengkas bercocok tanam dan bersyukur


INDARTO PAMOENGKAS - Tak jauh dari bidang pekerjaannya, Indarto Pamoengkas punya hobi bercocok tanam. Direktur Keuangan PT Pupuk Indonesia ini menyalurkan hobi itu pada sepetak kebun di daerah Tapos, Bogor.

Lantaran tinggal di Jakarta, tentu Indarto tidak setiap hari berkebun. Tapi, “Kapan pun ada waktu kosong, saya langsung meluncur ke sana karena jarak Jakarta dan Bogor tidak terlalu jauh, hanya sekitar satu jam,” kata pria kelahiran 7 November 1965 silam ini.

Indarto memulai kegiatan bercocok tanam pada tahun 2003. Untuk pohon musiman, ia menanam sawi atau cabai. Selain itu, juga ada pohon manggis, durian, dan pisang.

Karena tidak bisa saban hari ada di kebun, jebolan Universitas Airlangga ini menyerahkan perawatan tanaman kepada warga sekitar. “Nanti hasil tanaman tersebut akan mereka jual. Saya ambil sedikit untuk ikut menikmati saja,” ujarnya.

Meski saat ini bekerja di Pupuk Indonesia, Indarto tidak memakai penyubur tanaman buatan perusahaannya. Alasannya, pupuk bikinan Pupuk Indonesia kemasannya besar, 50 kilogram. “Kebutuhan saya enggak banyak,” kata mantan bankir Bank Mandiri ini.

Bagi Indarto, selain memberi kesegaran, tanaman juga selalu mengingatkannya untuk terus bersyukur. “Manusia bisa menciptakan pesawat, satelit, tapi apa bisa menciptakan selembar daun?” kilahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru