kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini dia bocoran aturan layanan over the top


Selasa, 26 September 2017 / 15:23 WIB
Ini dia bocoran aturan layanan over the top


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID -   Dalam ministers rountable ITU Telecom World 2017 di Busan Korea Selatan mengangkat tema Transforming the ICT Sector pada Selasa (26/9). Houlin Zhou, Sekjen ITU yang dalam pembukaan menyampaikan teknologi informasi dan komunikasi alias information and communication technology (ICT) harus menjadikan segalanya efisien, membuat lebih produktif dan lain sebagainya.

Menteri Kominfo Rudiantara lalu menjelaskan, berkenaan dengan strategi penanganan transformasi ICT, Presiden Joko Widodo  telah menerbitkan roadmap e-commerce. Kini saatnya Indonesia mendorong layanan over the top (OTT) menangani tantangan logistik, isu cyber security, perpajakan dan penanganan konten yang menyebar melalui layanan OTT.  “Biaya logistik di Indonesia mencapai 20% dari produk domestik bruto, ini tantangan agar semakin diturunkan," terang Chief RA - panggilan Rudiantara, dalam rilis, Selasa (26/9). Di sektor ICT, Pemerintah menargetkan bisa tumbuh dobel digit. "Kami berkomitmen seluruh wilayah Indonesia terhubung dengan jaringan broadband," lanjut Chief RA. 

Indonesia juga menghadapi tantangan melakukan pengaturan OTT, sekaligus mendorong kemajuan sektor ini.  "Akhir tahun ini Indonesia berharap memiliki regulasi terkait OTT. Penyelanggara OTT harus memenuhi compliance terhadap regulasi, antara lain dengan penyediaan customer service, terkait aspek right and obligation, dan isu fiskal atau perpajakan,"papar Chief RA. 

Berkenaan dengan penanganan konten,  Indonesia memiliki tingkat literasi yang berbeda dengan negara lain. Itu sebabnya, penyedia  konten dan OTT harus melakukan self-filteing untuk menjaga dari konten negatif.  Ini harus menajdi bagian dari tanggung jawab penyedia konten dan OTT dalam melakukan bisnis dan memberikan pelayanan keapda masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×