kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Joe Biden: Sekarang saatnya menyembuhkan warga Amerika yang terpecah belah


Minggu, 08 November 2020 / 11:45 WIB
Joe Biden: Sekarang saatnya menyembuhkan warga Amerika yang terpecah belah
ILUSTRASI. Joe Biden mengumumkan kemenangan sebagai presiden ke-46 Amerika Serikat (AS)


Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden dalam pidato kemenangan menyatakan, sekarang saatnya "waktu untuk menyembuhkan" Amerika yang terpecah belah.

Kemenangan Biden di negara bagian Pennsylvania yang menjadi medan pertempuran paling sengit, menempatkannya di atas ambang 270 suara Electoral College yang dia butuhkan untuk meraih kursi kepresidenan.

“Warga bangsa ini telah berbicara. Mereka telah memberi kami kemenangan yang jelas, kemenangan yang meyakinkan,” kata Biden kepada para pendukungnya yang membunyikan klakson dan bersorak di tempat parkir di kota asalnya Wilmington, Delaware seperri dilansir Reuters.

Sebagai presiden, Biden berjanji akan berusaha untuk menyatukan negara dan mengerahkan kekuatan untuk memerangi pandemi virus corona, membangun kembali kemakmuran ekonomi, menjamin perawatan kesehatan bagi keluarga Amerika, dan membasmi rasisme sistemik.

Baca Juga: Pidato kemenangan Joe Biden: Warga AS memberi kemenangan yang meyakinkan

Tanpa menyebutkan saingannya dari Partai Republik secara langsung, Biden berbicara kepada 70 juta orang Amerika yang memberikan suara untuk mendukung Trump.

“Untuk Anda semua yang memilih Presiden Trump, saya memahami kekecewaan malam ini. Saya sendiri telah kalah beberapa kali. Tapi sekarang, mari saling memberi kesempatan. Saatnya singkirkan retorika kasar, turunkan suhu, bertemu lagi, saling mendengarkan lagi," katanya.

Biden juga berterima kasih kepada pemilih kulit hitam. Ia mengatakan, bahkan pada saat-saat terendah kampanyenya, komunitas Afrika-Amerika telah membela dirinya. "Mereka selalu mendukungku, dan aku akan mendukungmu," katanya.

Biden memperkenalkan wakilnya, Senator AS Kamala Harris, yang akan menjadi wanita pertama, orang Amerika Hitam pertama dan orang Amerika keturunan Asia pertama yang menjabat sebagai wakil presiden AS.

"Sungguh bukti karakter Joe bahwa ia memiliki keberanian untuk mendobrak salah satu penghalang paling substansial yang ada di negara kita, dan memilih seorang wanita sebagai wakil presidennya," kata Harris.

Baca Juga: Trump gugat hasil pemilu AS, Presiden Meksiko belum beri selamat ke Joe Biden




TERBARU

[X]
×