kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kolonel Sanders, penemu resep rahasia KFC yang meraih kesuksesan di usia senja


Minggu, 18 Oktober 2020 / 14:15 WIB
Kolonel Sanders, penemu resep rahasia KFC yang meraih kesuksesan di usia senja


Penulis: Tiyas Septiana

KONTAN.CO.ID - Siapa yang tidak mengenal KFC? Salah satu fast food dengan ikon ilustrasi Kolonel Sanders ini terkenal akan kelezatan ayam gorengnya.

KFC juga merupakan salah satu franchise fast food terkenal asal Amerika Serikat. Kenikmatan ayam gorengnya membuat banyak orang selalu memenuhi gerai KFC tiap harinya.

Di balik kesuksesan KFC, ada kisah inspiratif sang pendirinya, Kolonel Sanders. Dikutip dari Biography, Kolonel Sanders lahir di Henryville, Indiana, 9 September 1890. Ia memiliki nama asli Harland David Sanders. 

Kesuksesan Kononel Sanders tidak serta merta datang saat ia masih muda. Di usianya yang keenam tahun, sang ayah meninggal dunia. Karena sang ibu bekerja, Kolonel Sanders kecil yang mengurus saudara-saudaranya. 

Baca juga: Harga hanya Rp 156 juta, lelang rumah sitaan Bank ini berlokasi di Depok

Saat berusia 16 tahun, Sanders mendaftar menjadi tentara. Setahun setelahnya, ia bekerja di stasiun sebagai buruh. Karena terlibat perkelahian, Sanders kemudian dipecat. 

kisah kfc

Awal mula KFC

Sanders beberapa kali mengalami kegagalan saat bekerja. Bersumber dari Medium, Kolonel Sanders mencoba banyak pekerjaan sepanjang hidupnya. Sanders pernah menjadi agen asuransi hingga menjual ban. 

Meskipun menghadapi kegagalan, Kolonel Sanders tidak pernah menyerah. Pada 1930, dia mulai bekerja di pompa bensin di Kentucky. 

Sanders juga mulai menyajikan berbagai panganan untuk para pengunjung. Kemampuannya dalam memasak memang sudah ada saat Sanders kecil. 

Pada tahun 1939, Kolonel Sanders menemukan resep ayam goreng yang lezat. Ayam bisa lezat menggunakan "11 bumbu rahasia" dan menggorengnya di panci presto.

Kelezatan menu milik Sanders membuat gubernur Kentucky saat itu memberikan gelar Kolonel. Gelar ini merupakan gelar tertinggi yang diberikan oleh pemerintah. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×