kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsolidasi bisnis, Cigna Corp mengakuisisi Express Scripts


Jumat, 09 Maret 2018 / 06:58 WIB
Konsolidasi bisnis, Cigna Corp mengakuisisi Express Scripts
ILUSTRASI.


Reporter: Rizki Caturini | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Perusahaan asuransi asal Amerika Serikat (AS) Cigna Corp mengakuisisi perusahaan manajemen sektor kesehatan Express Scripts Holding Co. Valuasi perusahaan jasa perantara antara asuransi dan produsen obat ini ditaksir sebesar US$ 41,43 miliar. Adapun menurut data Thomson Reuters Eikon, Cigna sebagai perusahaan asuransi kesehatan terbesar kelima di AS ini memiliki nilai pasar US$ 47,18 miliar.

Kesepakatan ini mengikuti langkah akuisisi yang dilakukan jaringan toko obat CVS Health Corp terhadap perusahaan asuransi kesehatan, Aetna Inc yang nilainya mencapai US$ 69 miliar. Ini menjadi tren konsolidasi perusahaan-perusahaan yang terkait dalam bisnis kesehatan.

Kesepakatan antara CVS dan Aetna telah terlihat menekan bisnis perusahaan asuransi pesaing, produsen obat dan apotek ritel lain. Sehingga mereka mempertimbangkan menggabungkan perusahaan atau memutus kerjasama bisnis dengan rekanan untuk menekan biaya operasional demi meningkatkan keuntungan.

Bulan lalu, misalnya, toko kelontong Albertsons Cos Inc menyatakan akan membeli jaringan toko obat Rite Aid Corp untuk menciptakan perusahaan dengan pendapatan tahunan sebesar US$ 83 miliar. Ini dianggap bisa memperkuat bisnis agar bisa bersaing dengan rantai ritel obat yang lebih besar dengan masuknya Amazon.com ke ritel obat-obatan.

Cigna menemukan mitra untuk merger yang baru lewat Express Scripts setelah regulator antimonopoli menyatakan rencana Cigna sebelumnya untuk bergabung dengan asuransi kesehatan Anthem Inc akan membuat perusahaan menjadi anti persaingan.

Kepala Administrasi Makanan dan Obat-obatan A.S. Scott Gottlieb mengkritik perusahaan pengelola farmasi, perusahaan asuransi kesehatan dan produsen obat-obatan karena bisa menentukan harga yang menguntungkan industri, tapi jangan sampai mengorbankan konsumen.

Gootlieb mengatakan, tiga perusahaan pengelola farmasi yakni CVS, UnitedHealth Group Inc dan Script Ekspres menguasai lebih dari dua pertiga pasar. "Sementara tiga besar peritel, AmerisourceBergen Corp, Kardinal Health Inc dan McKesson Corp mengendalikan lebih dari 80% dan lima apotek teratas lebih dari 50% pasar," ujarnya seperti dikutipĀ Reuters.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×