kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Korea Selatan sebut China setuju topik pembicaraan Korea Utara saat kunjungan Xi


Jumat, 27 November 2020 / 12:01 WIB
Korea Selatan sebut China setuju topik pembicaraan Korea Utara saat kunjungan Xi
ILUSTRASI. Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menyampaikan pidatonya pada Hari Pemuda di Gedung Biru Kepresidenan di Seoul, Korea Selatan, 19 September 2020.


Sumber: Al Jazeera | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Korea Selatan dan China setuju untuk bekerja sama dalam pembicaraan yang macet tentang program nuklir Korea Utara dan untuk mempersiapkan kunjungan Presiden China, Xi Jinping ke Seoul setelah pembicaraan tingkat tinggi.

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bertemu dengan diplomat top China, Wang Yi, Kamis malam, dan menyatakan terima kasih kepada Beijing atas peran dan kerja sama yang konstruktif dalam proses perdamaian Korea, menurut kantor berita Yonhap.

"Pemerintah kami tidak akan menghentikan upaya untuk mengakhiri (secara resmi) perang di Semenanjung Korea dan mencapai denuklirisasi lengkap dan perdamaian permanen bersama dengan komunitas internasional, termasuk China," kata Moon seperti dikutip Wang selama pertemuan mereka.

Menanggapi hal tersebut, Wang mengatakan bahwa menyelesaikan masalah Semenanjung Korea harus dilakukan melalui dialog, menurut kantor berita Xinhua.

Baca Juga: Destry Damayanti: Bonus demografi bisa bantu Indonesia lepas dari middle income trap

Dia mengatakan pencapaian denuklirisasi di semenanjung dapat dicapai dengan cara bertahap dan sinkron untuk mencegah perang dan kekacauan.

Wang tiba di ibu kota Korea Selatan pada Rabu malam, setelah kunjungan dua hari ke Jepang, ketika pemerintah Asia mempersiapkan kemungkinan perubahan dalam kebijakan Amerika Serikat di bawah pemerintahan Biden yang akan datang.

Baik Korea Selatan dan Jepang adalah sekutu AS dan tuan rumah pangkalan militer Amerika.

Menemukan kesamaan

Sebelumnya pada hari Kamis, Wang juga mengadakan pembicaraan dengan mitranya dari Korea Selatan, Kang Kyung-wha, di mana mereka membahas kunjungan Xi, yang telah ditunda karena pandemi virus corona.

"Kedua belah pihak sepakat untuk berkomunikasi secara aktif sehingga situasi Covid-19 stabil dan kondisi diciptakan untuk kunjungan Presiden Xi," kata kementerian luar negeri Korea Selatan dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan Wang dengan Kang.

Baca Juga: Diputus bersalah karena berjudi di AS, pendiri YG Entertainment didenda Rp 191 juta

China dan Korea Selatan secara tradisional saling curiga, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah menemukan kesamaan dalam kerja sama ekonomi dan keprihatinan bersama tentang kesibukan Korea Utara untuk mengembangkan senjata nuklir.

Wang mengatakan kunjungannya adalah untuk menyoroti pentingnya upaya para mitra strategis untuk bekerja mempromosikan perdamaian dan stabilitas.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×