kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lawan kekerasan anti-Asia di AS, ini langkah yang diambil Gedung Putih


Rabu, 31 Maret 2021 / 05:52 WIB
Lawan kekerasan anti-Asia di AS, ini langkah yang diambil Gedung Putih
ILUSTRASI. Pemerintahan Joe Biden pada Selasa (30/3/2021) mengumumkan serangkaian kebijakan untuk menanggapi meningkatnya aksi kekerasan anti-Asia. REUTERS/Jonathan Ernst


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pemerintahan Joe Biden pada Selasa (30/3/2021) mengumumkan serangkaian kebijakan untuk  menanggapi meningkatnya aksi kekerasan anti-Asia. Kebijakan tersebut termasuk mengerahkan US$ 49,5 juta dari dana bantuan Covid-19 untuk program komunitas AS yang membantu para korban.

Melansir Reuters, pejabat Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Departemen Kehakiman AS juga fokus pada meningkatnya jumlah kejahatan rasial yang menargetkan orang Asia-Amerika.

"Kami tidak bisa diam menghadapi meningkatnya kekerasan terhadap orang Asia-Amerika. Serangan-serangan ini salah, bukan Amerika, dan harus dihentikan," tulis Biden di Twitter.

Kebijakan itu diambil setelah penembakan di Atlanta awal bulan ini yang menewaskan delapan orang, enam di antaranya wanita Asia-Amerika.

Baca Juga: Joe Biden tidak berniat bertemu dengan Kim Jong Un

Penembakan itu memicu ketakutan di antara mereka yang berada di komunitas Asia-Amerika Kepulauan Pasifik, yang telah melaporkan lonjakan kejahatan rasial sejak Maret 2020 ketika Presiden Donald Trump mulai menyebut virus corona baru sebagai "virus China".

Langkah-langkah baru Biden termasuk dana bantuan pandemi senilai US$ 49,5 juta untuk layanan dan program berbasis komunitas dan budaya khusus untuk korban kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan seksual, serta satuan tugas baru yang didedikasikan untuk melawan xenofobia terhadap orang Asia dalam perawatan kesehatan.

Baca Juga: Joe Biden akan cegah China jadi negara terkuat di dunia

"Departemen Kehakiman AS juga merencanakan upaya baru untuk menegakkan undang-undang kejahatan rasial dan melaporkan data tentang kejahatan rasial," kata pernyataan itu seperti yang dikutip Reuters.

Selanjutnya: Paket stimulus AS dinilai bakal mendongkrak ekonomi China




TERBARU

[X]
×