kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lionel Messi bersaksi di sidang penggelapan pajak


Kamis, 02 Juni 2016 / 20:54 WIB
Lionel Messi bersaksi di sidang penggelapan pajak


Sumber: CNBC,Reuters | Editor: Mesti Sinaga

Bintang sepak bola dunia yang  sudah lima kali terpilih menjadi Pemain Terbaik Dunia, Lionel Messi, menghadiri persidangan pada Kamis (2/6/2016) untuk bersaksi melawan tuduhan penggelapan pajak.

Kedatangan Messi disambut tepuk tangan sejumlah orang yang dilaluinya di pengadilan, sementara sebagian orang lagi berteriak padanya. Kondisi ini berbeda dengan 2013 ketika Messi muncul di pengadilan untuk memberikan bukti, kala itu tak ada satu pun pendukung Barcelona yang muncul.

Messi dan ayahnya, Jorge Horacio Messi, segera memasuki gedung pengadilan, tanpa memberikan komentar apapun kepada para wartawan.

Lionel dan ayahnya dituduh oleh kantor pajak Spanyol telah melakukan penggelapan pajak senilai  € 4,2 juta (sekitar US$ 4,7 juta) dalam rentang tahun 2007-2009. 

Kasus penggelapan pajak ini terkait perusahaan cangkang yang diduga digunakan Messi dan ayahnya untuk menghindari pajak atas penghasilan dari hak-haknya sebagai pemain bola kelas dunia.

Keduanya terancam hukuman penjara hingga 22 bulan jika dinyatakan bersalah. Namun di Spanyol berlaku kebiasaan, bahwa pelaku kejahatan non-kekerasan dengan hukuman di bawah dua tahun tidak menghabiskan waktu di penjara.

Persidangan kasus ini sudah dimulai sejak Selasa lalu. Namun Messi tak hadir di hari pertama dan  kedua persidangan – dan memang dia tidak diwajibkan hadir – karena mengalami cedera punggung dalam pertandingan persahabatan Argentina vs Honduras Jumat lalu.

Sidang hari Selasa menunjukkan bahwa kantor pajak Spanyol melakukan 20 inspeksi terhadap Messi selama tiga tahun penyelidikannya.

Menurut kantor kejaksaan, pendapatan Messi disembunyikan dengan menggunakan perusahaan cangkang di Uruguay, Belize, Swiss dan Inggris.

Messi dan ayahnya telah membayar 5 juta euro kepada otoritas pajak sebagai" koreksi" atas pembayaran pajaknya setelah mereka resmi diselidiki Juni 2013.

Kantor pajak Spanyol juga telah mulai menyelidiki keuangan kawan-kawan Messi di Barcelona, seperti Neymar Jr, Javier Mascherano dan Adriano.

Mascherano menerima hukuman satu tahun penjara karena penggelapan pajak sebagai bagian dari tawar-menawar pada Januari lalu, meskipun dia tidak diharapkan menghabiskan waktu di hotel prodeo.

Messi pindah dari kota kelahirannya Rosario, Argentina ke Barcelona pada tahun 2000. Tahun 2005 Messi menjadi warga negara Spanyol.

Messi berada dalam daftar 10 atlet berpenghasilan tertinggi dunia versi Majalah Forbes. Penghasilannya diperkirakan sebesar US$ 350 juta.

Segudang prestasi berhasil diraih Messi. Dia mencetak rekor sebanyak 453 gol dalam 531 pertandingan bersama klub Barca. Ia juga telah memenangkan delapan gelar La Liga, empat Piala Raja dan empat mahkota Liga Champions bersama Barca.

Messi juga adalah kapten tim sepak bola Argentina. Setelah persidangan kasus pajak ini, Messi akan segera bergabung kembali dengan tim Argentina dalam kompetisi Copa America di Amerika Serikat Pada 7 Juni mendatang  Argentina akan memulai game pertama mereka melawan Chile.




TERBARU

[X]
×