kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lui Yiqian: Memburu cuan dari pasar modal (2)


Rabu, 06 Mei 2015 / 14:16 WIB
Lui Yiqian: Memburu cuan dari pasar modal (2)
ILUSTRASI. Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) yang digarap?PT?Nusantara Infrastructure Tbk (META).


Reporter: Nina Dwiantika | Editor: Tri Adi

Anorganik merupakan salah satu langkah praktis bagi pengusaha melebarkan sayap bisnis. Cara ini pula yang banyak diadopsi oleh Liu Yiqian, miliarder China pemilik kekayaan senilai US$ 1,56 miliar. Dia giat melancarkan serangkaian akuisisi, lewat pembelian saham demi mempertebal pendapatan pada bisnis investasi, kesehatan serta teknologi.

Rekam jejak ekspansi Yiqian bermula saat sang miliarder mulai berkecimpung di dunia pasar modal. Dia membeli saham Yuyuan Bazaar pada tahun 1990, saat berusia 27 tahun. Yuyuan adalah peritel pengelola department store, perdagangan barang antik dan tempat hiburan.

Pembelian saham itu pun berawal saat Yiqian tengah berada di Shenzen untuk membeli bahan baku pembuatan tas. Dari mantan teman sekolahnya, Yiqian mendengar tempat transaksi saham yang baru dibuka di Shanghai pada Desember 1990.

Tertarik dengan model investasi ini, Yiqian pun memutuskan membeli 100 saham Yuyuan dengan total dana 100 yuan. Beruntung, dalam satu tahun saja, harga saham Yuyuan meroket ke level 10.000 yuan. Pengalaman investasi pertama Yiqian begitu berkesan. Sejak itu, pria yang lahir 52 tahun silam ini, semakin keranjingan berinvestasi di dunia pasar modal.

Waktu berlalu, hingga pada tahun 2000, Yiqian mendirikan perusahaan investasi bernama Xin Liyi. Lewat Xin Liyi, Yiqian sukses menambah daftar portofolio. Bakat Yiqian mengolah portofolio saham, membuat dia fokus mengembangkan perusahaan bidang keuangan.

Pada tahun 2004, Yiqian menjajal bisnis asuransi dengan membeli dan mendirikan perusahaan Tianping Auto Insurance dan Guohua Life Insurance. Lima tahun berselang, atau tepatnya pada Juni 2009, Yiqian menghabiskan 1,68 miliar yuan untuk membeli 700 juta saham tambahan dari BOE Technology Group Co, sebuah perusahaan pembuat panel LCD domestik asal Cina.

Tidak berhenti sampai di sini, Yiqian membeli saham Poly Real Estate, Beijing Capital Development Co, Gemdale Corporation, Shanghai Pudong Development Bank Co, Cina Sports Group Industri Co, Huadian Power International Corporation dan Dongfang Electric Corporation.

Yang terbaru, Forbes melaporkan Changjiang Securities, perusahaan broker China berniat melepas 14,7% saham senilai 10 miliar yuan atau US$ 1,6 miliar kepada Yiqian.

Yiqian juga merupakan pemegang saham mayoritas dari Shenzhen Biocause. Pada awal Januari 2015, Yiqian membeli 2,9 miliar saham baru Shenzhen Biocause. Bersama sang istri, Wang Wei, Yiqian merogoh dana hingga US$ 1,6 miliar. Liu, Wang dan Sunline Grup, kini merupakan pemegang 23,8% saham Shenzhen Biocause, dan akan meningkatkan kepemilikan saham menjadi 76%.

Keberhasilan investasi Yiqian terwujud berkat kepandaiannya membuat penilaian dan memprediksi pasar ke depan. Dia juga tercatat sebagai investor yang sejak awal sudah berkecimpung di dunia pasar modal.

Selain pasar modal, Yiqian juga sangat tertarik memiliki benda karya seni. Pada tahun 1993, dia membeli dua lukisan China pada lelang pertama di China Guardian Beijing. Yiqian memiliki prinsip, dia rela mengeluarkan banyak uang demi membeli karya seni yang dinilainya memiliki nilai karya tinggi. Yiqian sangat mencintai berbagai macam seni mulai dari lukisan, alat musik kuno, dan furnitur.

Sebisa mungkin Yiqian selalu  mengajukan tawaran tertinggi bagi karya seni yang ia minati. Sebaliknya, dia berusaha mengoleksi saham yang berharga murah namun punya prospek cerah.      

(Bersambung)




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×