: WIB    --   
indikator  I  

Malang melintang di perusahaan teknologi (2)

Malang melintang di perusahaan teknologi (2)

Kevin Systrom, pendiri aplikasi berbagi foto Instagram, lahir 33 tahun silam, atau tepatnya pada 30 Desember 1983. Dia dibesarkan di sebuah kota kecil bernama Holliston di Massachusetts, Amerika Serikat. Ayahnya bernama Douglas Systrom, sedangkan sang ibu bernama Diane.

Dalam sebuah artikel di laman successstory diceritakan bahwa pria berzodiak Capricorn tersebut telah menunjukkan minat terhadap dunia fotografi dan pemrograman sejak masih kecil. Systrom menamatkan sekolah menengahnya di Middlesex School di Concord, Massachussets. Usai tamat dari Middlesex School, Systrom lantas melanjutkan studinya ke Standford University dan mengambil jurusan management science and engineering. Dia berhasil menggondol gelar sarjana pada tahun 2006, atau saat berusia 23 tahun.

Semasa kuliah di Standford, Systrom pernah bekerja paruh waktu di sebuah perusahaan rintisan (startup) bernama Odeo. Nama Odeo sendiri merupakan cikal bakal berdirinya Twitter, penyedia layanan microblogging jejaring sosial ternama dunia.

Tidak lama setelah itu, Systrom yang telah menunjukkan ketertarikannya pada bidang teknologi modern tersebut pun masuk ke perusahaan raksasa internet, Google Inc. Jabatan terakhir di Google yang pernah diemban Systrom adalah manajer pemasaran produk.

Semasa bekerja di Google, Systorm menangani produk andalan perusahaan mesin pencari itu, yang antara lain adalah layanan surat elektronik ternama Google yakni Gmail. Dia juga dipercaya menangani Google Calendar, Docs, serta Spreadsheets.

Tidak lama kemudian, Systrom memutuskan untuk meninggalkan Google, dan memilih bergabung dengan Nextstop, sebuah startup yang didirikan oleh beberapa mantan karyawan Google. Meski saat masih bekerja di Google, Systrom lebih fokus menangani masalah pemasaran, namun di Nextstop dia turut serta menelurkan ide dalam hal pemrograman.


Reporter Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang

KEVIN SYSTROM

Feedback   ↑ x
Close [X]