kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mantan wartawan perang yang menjajal bisnis keamanan (2)


Jumat, 11 Mei 2018 / 09:25 WIB
Mantan wartawan perang yang menjajal bisnis keamanan (2)


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Ravindra Kishore Sinha menempuh jalan yang panjang untuk menjadi pengusaha. Sebelum menjadi penyedia jasa keamanan, Sinha merupakan wartawan. Kesulitan keuangan yang dialami media tempatnya bekerja berujung pada pemberhentian Sinha. Namun itu justru membuka pintu bagi Sinha untuk masuk ke dunia usaha. Bermodal pertemanannya dengan banyak veteran India, Sinha pun membentuk perusahaan penyedia jasa pengamanan bagi perusahaan di India.

Setiap pengusaha memiliki latar belakang tersendiri yang mengantarkan mereka ke tangga kesuksesan. Begitu juga yang dimiliki oleh Ravindra Kishore Sinha. pendiri perusahaan jasa keamanan bernama Security & Intelligence Services (SIS) Limited.

Sinha tidak punya latar belakang bisnis sebelumnya. Pekerjaannya saat muda adalah seorang jurnalis. Sementara pada tahun 1970-an, India tengah berada dalam peperangan dengan negara tetangganya, Pakistan. Ia pun ditugaskan sebagai wartawan peliput perang pada saat itu.

Setelah peperangan usai, rupanya ia masih memiliki hubungan dan berkawan baik dengan sejumlah veteran perang tersebut. Beberapa dari veteran tersebut terpaksa diberhentikan oleh kesatuan militer karena berbagai alasan. Ada yang diberhentikan karena pengurangan jumlah pasukan di saat damai. Ada juga yang diberhentikan karena terluka hingga mengalami cacat fisik. Apapun penyebabnya, banyak tentara India yang masih berada di usia muda, harus menghentikan karir militernya secara mendadak.

Kondisi ini menimbulkan rasa iba di hati Sinha. Beberapa dari teman-temannya ini pun kerap meminta bantuannya untuk mencari pekerjaan. Tapi ia pun tak tahu apa yang harus dilakukan.

Rupanya nasib buruk tak cuma menimpa teman-teman veterannya. Namun juga menimpa dirinya sendiri. Karena masalah keuangan, surat kabar tempatnya bekerja harus mengurangi sejumlah karyawan pada 1974. Ravindra adalah salah satu di antara wartawan yang diberhentikan.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×