kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menyebar aset ke berbagai sektor usaha selain keju (3)


Kamis, 15 Maret 2018 / 14:36 WIB
Menyebar aset ke berbagai sektor usaha selain keju (3)
ILUSTRASI. FENOMENA - Emanuele Saputo


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Hasil bisnis keju dan produk berbasis keju yang dibangun Emanuele Saputo dari nol terus bertumbuh. Ekspansi bisnis ke berbagai negara sukses membuat Saputo menjadi miliarder dengan kekayaan miliaran dollar Amerika Serikat (AS). Sebagai pebisnis ulung, Saputo memiliki kemampuan untuk mengelola kekayaannya lewat investasi ke berbagai sektor lainnya selain berbisnis keju.

Artikel yang dilansir SuccessStory menyebutkan, Saputo juga memiliki sejumlah saham di perusahaan logistik dan transportasi yaitu TransForce. Sebenarnya, pria ini memang sudah mengambil ancang-ancang untuk mengambil alih saham di perusahaan tersebut sejak tahun 1989 silam.

Saputo menduduki posisi sebagai investor terbesar di perusahaan logistik tersebut. TransForce pasca sahamnya diambil sebagian besar oleh Saputo, telah menjadi perusahaan transportasi logistik terbesar di Kanada.

Saputo pun sempat menduduki posisi sebagai direktur di perusahaan yang sebelumnya bernama Cabano Expeditex tersebut. Bukan hanya investasi di TransForce, Saputo juga memiliki sebagian saham di National Bank of Canada.

Kepemilikan saham Saputo di bank ini karena dia memiliki hubungan dekat dengan salah satu petinggi di National Bank Canada bernama Andre Berard. Bahkan kedua sahabat ini sempat disebut-sebut menjadi anggota kelompok mafia asal Sisilia, Italia.

Karena isu tersebut, keduanya sempat masuk ke meja persidangan dan berjuang untuk menampik isu tersebut pada tahun 2007 silam. Namun pihak yang melaporkan tidak memiliki bukti yang cukup kuat untuk memberikan sanksi kepada keduanya.

Meski tidak ada data detail terkait investasi Saputo di berbagai platform, dikabarkan pria yang kini berusia 80 tahun tersebut disinyalir memiliki sejumlah bisnis di sektor properti. Ia dikabarkan telah bermain di beberapa proyek pembangunan real estate di kawasan Montreal.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×