kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MI: Lebih baik investasi instrumen jangka pendek


Kamis, 24 Agustus 2017 / 20:55 WIB
MI: Lebih baik investasi instrumen jangka pendek


Reporter: Riska Rahman | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - Pemangkasan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sebesar 25 basis poin (bps) membuat manajer investasi (MI) menyarankan pemilik modal untuk berinvestasi ke instrumen jangka pendek. Masih adanya potensi untuk suku bunga untuk berubah membuat MI cenderung berhati-hati dalam memilih instrumen yang tepat.

Diturunkannya 7-day reverse repo rate (7DRR) menjadi 4,5% oleh bank sentral menjadikan berbagai instrumen investasi jangka pendek seperti pasar uang, obligasi, dan Sertifikat bank indonesia menjadi lebih menarik dibanding instrumen berjangka panjang.

"Instrumen berjangka pendek biasanya lebih imun terhadap perubahan suku bunga. Sehingga jika suku bunga belum bisa diprediksi apakah akan dinaikkan atau diturunkan nantinya, instrumen seperti obligasi, pasar uang, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan deposito jadi menarik," kata Rio Ariansyah, Head of Investment Phillip Asset Management, Kamis (24/8).

Investasi di sektor riil seperti properti juga bisa terdorong akibat penurunan suku bunga ini. Bunga pinjaman yang turun bisa mendorong pengembang dan para konsumen untuk rinvestasi ke properti.

Menurut Rio, penurunan suku bunga membuat pengembang lebih mudah untuk melakukan appraisal ke bank. Selain itu, kebijakan baru bank sentral ini juga bisa memotivasi para pengembang untuk membuat proyek baru karena berkurangnya kewajiban bunga pinjaman yang harus dibayarkan ke kreditur.

Adapun Rio memilih untuk mengoptimalkan investasinya di pasar uang hingga akhir tahun nanti. "Ini untuk antisipasi karena masih ada indikasi perubahan suku bunga dari The Fed. Jika itu berdampak ke perekonomian domestik, bisa jadi suku bunga acuan dalam negeri juga ikut berubah," terang Rio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×