: WIB    —   
indikator  I  

Miliarder properti yang juga pebisnis film (1)

 Miliarder properti yang juga pebisnis film (1)

KONTAN.CO.ID - Charles Cohen menjadi orang terkaya dunia nomor 717 versi Forbes. Mayoritas kekayaannya berasal dari bisnis properti dan real estate. Tapi Cohen juga banyak berkecimpung di dunia perfilman. Sebagian hartanya dibelanjakan untuk membuat film. Ada sejumlah film yang ia produksi dan berhasil mendapatkan penghargaan. Dari bisnisnya, kini Cohen memiliki kekayaan senilai US$ 2,8 miliar. Jumlah tersebut turun dari posisi Februari 2017 yang sebesar US$ 3,3 miliar.

Pebisnis properti tetapi cinta berat dengan dunia perfilman. Itulah Charles Cohen. Mungkin orang lebih mengenal miliarder ini sebagai produser film ketimbang pengusaha properti.

Padahal, bisnis properti yang mengantarkan Cohen menjadi orang terkaya di dunia urutan 717 versi Forbes. Di awal 2017, harta Cohen sempat mencapai US$ 3,3 miliar. Hanya saja, kekayaannya tersebut tercatat menurun dan kini menjadi US$ 2,8 miliar.

Namun, nama Cohen terdengar asing di kalangan pebisnis dunia. Pasalnya, Cohen lebih banyak menggelontorkan kekayaannya membuat film.

Forbes melaporkan, film merupakan hal paling disenangi pria berusia 65 tahun ini. Bahkan, pada usia 16 tahun Cohen berhasil mendapatkan piala pertamanya memenangkan kejuaraan film pendek dalam pergelaran acara Kodak Teenage Movie Awards Competition.

Salah satu film garapannya yang sempat mendapat dua nominasi film terbaik versi Oscar yakni berjudul Frozen River. Film bergenre drama diluncurkan pada 2008. Nominasi yang didapat dari film yang dibiayai oleh Cohen ini untuk Piala Oscar dengan kategori pemeran wanita terbaik serta naskah terbaik.

Seperti ditulis oleh imbd.com film Frozen River dibintangi beberapa artis indie ternama asal Amerika Serikat antara lain, Melissa Leo, Misty Upham, Charlie McDermott dan masih banyak lagi. Kendati gagal mendapatkan Piala Oscar, film Frozen River berhasil memenangkan 32 piala dari berbagai ajang penghargaan film.

Bukan hanya Frozen River yang masuk nominasi film terbaik Oscar. Cohen juga memproduksi film lain dan kembali masuk nominasi Oscar. Dia membiayai pembuatan film berjudul Iran's Salesman. Film tersebut akhirnya berhasil mewujudkan cita-cita Cohen untuk memegang Piala Oscar pada 2017 lewat kategori film asing terbaik.


Reporter Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor Tri Adi

CHARLES COHEN

Feedback   ↑ x
Close [X]