Nih, buka-bukaan Yayan Ruhian soal film Star Wars

Kamis, 07 Januari 2016 | 20:50 WIB Sumber: Antara
Nih, buka-bukaan Yayan Ruhian soal film Star Wars


JAKARTA. Yayan Ruhian (47) membeberkan betapa ketatnya pihak Disney menjaga kerahasiaan proyek Star Wars VII: The Force Awakens yang akhirnya rilis pertengahan Desember 2015 lalu.

Selama hampir dua tahun, Yayan dan semua pemain film besutan sutradara JJ Abrams itu harus menutup rapat-rapat rahasia keterlibatan mereka dalam proyek, termasuk dari keluarga.

"Waktu harus syuting Star Wars itu, saya tutup mulut hampir dua tahunan. Buat saya, terlepas ada kesepakatan untuk kami tidak membocorkan keterlibatan ikut proyek film, saya sendiri pantang berbicara soal keterlibatan saya itu," katanya, Kamis (7/1).

"Karena saya terus terang tidak tahu apakah yang sudah kami lakukan itu akan muncul di layar atau tidak. Jangan-jangan kalau saya sudah cerita ke sana-sini, ternyata tidak ada," kata dia, di sela-sela latihan silat di Paguyuban Al Ikhlas.

Yayan menuturkan, dirinya bahkan terpaksa tidak berterus terang kepada kedua anak laki-laki dan istrinya saat berpamitan untuk syuting di Star Wars.

"Waktu itu, saya pamit syuting ke keluarga ya cuma, saya ada syuting, untuk project di luar negeri gitu saja. Mereka tanya, film apa pak? Saya jawab, ah, nanti juga tahu," katanya.

"Karena saya tidak mau melibatkan mereka dalam pekerjaan saya, cukuplah saya yang setengah mati, katakanlah, kerja untuk mereka dan istri juga setengah mati merawat anak kita karena merawat anak bukan hal yang mudah, belum tentu kita yang laki-laki bisa melakukan itu kan."

Yayan mengatakan pihak Disney sangat ketat dalam menjaga kerahasiaan produksi film mereka. "Kami jalan ke lokasi syuting dari wardrobe saja harus ditutup jubah dari ujung kaki sampai ujung kepala, baru sampai set boleh dibuka."

Selain itu, untuk menjaga kerahasiaan, para pemain baru diberi naskah saat di lokasi syuting, dan harus menandatangani kesepakatan kalau mereka tak akan membocorkan.

"Usai syuting, skrip naskah diambil lagi sama mereka. Untuk dialog pun, kami hanya disuruh ngapalin bahasa Kanjiklub itu ada beberapa kalimat, tapi kami tak tahu mana yang akan kami ucapkan saat take," kata mantan pengajar di Perguruan Silat Tenaga Dasar Indonesia itu.

Yayan Ruhian berperan sebagai salah satu anggota geng Kanjiklub di film Star Wars episode VII, dia memerankan sebagai Tasu Leech. Dua pemain The Raid lain sepertiĀ  Cecep Arif Rahman dan Iko Uwais pun turut mendapat peran dalam proyek itu.

Star Wars VII: The Force Awakens meraup sekitar 250 juta dollar Amerika Serikat di box office film global, empat hari setelah pemutaran perdana di Los Angeles, Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru