kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasca serangan badai salju, suhu di Spanyol capai -25 Celcius


Rabu, 13 Januari 2021 / 06:08 WIB
Pasca serangan badai salju, suhu di Spanyol capai -25 Celcius
ILUSTRASI. Masyarakat di Spanyol tengah sedang berjuang untuk melawan suhu dingin ekstrem setelah mengalami salju lebat di akhir pekan. REUTERS/Brian Snyder


Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - MADRID. Masyarakat di Spanyol tengah sedang berjuang untuk melawan suhu dingin ekstrem setelah mengalami salju lebat di akhir pekan. Hal ini menyebabkan kondisi berbahaya.

Melansir BBC, para pejabat telah memperingatkan para lansia untuk tetap tinggal di rumah.

Setidaknya tujuh orang tewas akibat cuaca dingin di mana dua korban terakhir adalah tunawisma di Barcelona.

BBC melaporkan, suhu turun hingga -25C (-13F) di Molina de Aragón dan Teruel, di pegunungan timur Madrid. Ini menjadikan malam terdingin di Spanyol setidaknya selama 20 tahun.

Salju tebal yang ditinggalkan oleh Badai Filomena telah berubah menjadi es, mengganggu transportasi. Ada banyak sekali salju dan es di Spanyol.

Baca Juga: Badai salju ekstrem menewaskan 17 orang di Afganistan, jumlah korban bisa bertambah

Molina de Aragón, tempat suhu terdingin tercatat, berada di 197 km (122 mil) timur laut Madrid. Itu sesuai dengan julukan kota tersebut, yakni Siberia Spanyol.

"Kita akan mengalami flu ini selama beberapa hari lagi, tapi kita semua akan bersama-sama," kata seorang warga Spanyol Yoli Asensio kepada wartawan BBC.

"Kehidupan sehari-hari itu sulit," tambahnya. "Ada begitu banyak salju, akses ke rumah dan jalan diblokir. Beberapa orang lanjut usia jatuh."

Baca Juga: Badai dan Hujan Salju Cengkeram Jerman Selatan dan Austria

Selain dua kematian di Barcelona, ​​setidaknya lima lainnya diketahui tewas karena kedinginan: dua di Madrid, dua di Málaga dan satu di Zaragoza.

Suhu di Madrid sendiri turun hingga -16C. Dan pada hari Senin, rumah sakit ibu kota - yang sudah berada di bawah tekanan besar karena Covid-19 - berjuang untuk mengatasi pasien yang tergelincir di es, sehingga tulang patah.

Sumber medis mengatakan kepada El Mundo bahwa ada 1.200 kasus patah tulang pada hari Senin di rumah sakit wilayah Madrid, yang disebabkan oleh kecelakaan di atas es, dengan tingkat rata-rata 50 kasus per jam.

Banjir panggilan darurat mendorong pemerintah Madrid mengimbau para lansia untuk tetap tinggal di rumah.

Lembaga amal Save the Children melaporkan bahwa pemadaman listrik telah menyebabkan hampir 2.000 anak yang rentan dan keluarga mereka tanpa listrik dalam suhu di bawah nol derajat di La Cañada Real Galiana, di wilayah Madrid.

Pemadaman listrik juga menyebabkan penangguhan jalur rel kecepatan tinggi Madrid-Barcelona, ​​tetapi layanan tersebut telah dilanjutkan sekarang, lapor media Spanyol.

Banyak layanan kereta komuter terganggu oleh cuaca ekstrem.

Penerbangan ditangguhkan di bandara Madrid-Barajas pada akhir pekan, tetapi secara bertahap dilanjutkan, meskipun dengan penumpukan dan penundaan yang besar.

Selanjutnya: Salju ketiga di Gurun Sahara dalam 40 tahun




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×