kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Paus Fransiskus sebut pendaratan di Bulan menginspirasi kemajuan untuk kemanusiaan


Senin, 22 Juli 2019 / 11:49 WIB
Paus Fransiskus sebut pendaratan di Bulan menginspirasi kemajuan untuk kemanusiaan


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  VATIKAN. Paus Fransiskus pada hari Minggu mengingat langkah pertama umat manusia di permukaan bulan 50 tahun yang lalu. Ia berharap ingatan tersebut dapat mengarah pada kemajuan lebih lanjut bagi umat manusia.

Berbicara kepada ribuan orang yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk pidato hari Minggu (21/7), Paus ingat saat astronot Neil Armstrong berjalan di bulan dan mendesak dunia untuk berbuat lebih banyak untuk Planet Bumi.

Baca Juga: AS berencana jadikan Bulan sebagai tempat peluncuran menuju Planet Mars

"Lima puluh tahun yang lalu manusia menginjakkan kaki di bulan, mewujudkan mimpi yang luar biasa," kata paus.

"Semoga ingatan akan langkah besar bagi kemanusiaan ini memicu keinginan untuk maju bersama menuju tujuan yang lebih besar: lebih bermartabat bagi yang lemah, lebih banyak keadilan di antara orang-orang, lebih banyak masa depan untuk rumah kita bersama," ujar Fransiskus seperti dilansir Reuters, Senin (22/7).

Baca Juga: Mengenang 50 tahun Lomba Menguasai Bulan

Misi bersejarah Apollo 11, yang disusun oleh penjelajah bulan pertama Neil Armstrong dan sesama astronot Buzz Aldrin dan Mike Collins, memikat orang-orang di seluruh dunia pada tahun 1969.

Armstrong, manusia pertama di bulan, meninggal pada 2012 pada usia 82. Collins, modul perintah pilot yang tinggal di orbit bulan sementara Aldrin dan Armstrong melompat-lompat di sekitar permukaan mengumpulkan sampel bulan, sekarang berusia 88 tahun, sedangkan Aldrin adalah berusia 89 tahun.

Baca Juga: Mengungkap rahasia alam semesta, apakah jagat raya juga berputar seperti Bumi?

Berbeda dengan program Apollo yang menempatkan astronot di bulan 50 tahun yang lalu, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bersiap untuk kehadiran  dalam jangka panjang di satelit Bumi  tersebut, yang menurut badan tersebut pada akhirnya akan memungkinkan manusia untuk mencapai Mars.

Misi berawak ke bulan berikutnya akan membutuhkan lompatan dalam teknologi robot dan rencana bagi NASA untuk bekerja dengan perusahaan swasta seperti SpaceX milik Elon Musk atau Jeff Blue Origin untuk membantu mengurangi biaya perjalanan ruang angkasa.

Baca Juga: Penurunan curam luasan es di laut Antartika sejak 2014 terungkap

Menggunakan Sistem Peluncuran Antariksa NASA, sebuah roket angkat berat sedang dibangun untuk penerbangan debut pada akhir 2020, agensi ini bertujuan untuk mengembalikan manusia ke bulan pada tahun 2024.

Tidak ada manusia yang diluncurkan dari AS sejak program pesawat luar angkasa berakhir pada 2011 dan misi berawak terakhir ke bulan hampir setengah abad lalu pada 1972, ketika ketegangan era Perang Dingin menggarisbawahi dorongan Presiden John F. Kennedy untuk membuktikan teknologi yang mendarat. manusia pertama di permukaan bulan.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×